Ilustrasi- Berbuka puasa di rumah./Antara
Health

8 Tips Memilih Makanan untuk Berbuka Puasa

Lukman Nur Hakim
Selasa, 5 April 2022 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjalani hidup sehat dan menjaga kesehatan tubuh sangat perlu dilakukan pada saat kapanpun, tak terkecuali di bulan Ramadan. Simak 8 tips memilih makanan untuk berbuka puasa agar tetap sehat

Ketika memasuki bulan Ramadan, banyak di antara kita justru tidak memperhatikan cara hidup sehat yang mereka rutin jalani sebelum masa puasa. Biasanya, cara hidup sehat yang akhirnya tidak mereka perhatikan adalah ketika memilih makanan untuk berbuka puasa.

Ketika puasa, saat berbuka adalah kewajiban untuk membatalkan ibadah puasa sesuai dengan anjuran dalam Islam. Namun, ketika berbuka puasa, kita mungkin yang tidak memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi sehingga membuat kesehatan tubuh terganggung.

Selain itu, ada beberapa orang yang makan secara berlebihan karena untuk "membalasa dendam" setelah puasa seharian. 

Perlu adanya pemilihan dan penyaringan makanan yang dapat di konsumsi ketika Anda ingin berbuka puasa agar tubuh Anda sehat dan tidak merasa berlebihan ketika berbuka puasa.

Berikut tips memilih makanan yang cocok untuk berbuka puasa seperti dilansir dari English Alarabiya, Selasa (05/4/22). 

8 Tips Memilih Makanan untuk Berbuka Puasa

1. Awali dengan Minum Air

Setelah 12 jam lebih berpuasa, minum air seperti air putih, jus atau susu terlebih dahulu dianjurkan sebagai salah satu pencegah dehidrasi di tubuh Anda. Minumlah 1 – 2 gelas air sebelum makan dan tidak saat makan agar proses pencernaan tidak terhambat. Waspadalah terhadap minuman Ramadhan karena mengandung banyak gula dan kalori.

2. Makan Kurma

Secara tradisional, kurma dimakan pada awal buka puasa Anda. Jika Anda menderita sakit kepala selama jam puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, mulailah berbuka puasa dengan 3 buah kurma dan isi kembali kadar gula Anda.

3. Mulai Konsumsi Sup

Sup adalah hidangan yang sangat diperlukan saat berbuka puasa. Mereka kaya akan air dan membantu Anda terhidrasi. Carilah sup daging dengan potongan tomat atau sayuran dan hindari sup berbahan dasar krim. 

4. Perbanyak Makan Sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan menyediakan begitu banyak nutrisi dengan kalori yang sangat sedikit. Selain itu, sayur juga memberikan rasa kenyang dan menghidarkan Anda dari makan makanan yang berlebih ketika berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro