Ilustrasi perempuan menjalani diet sehat agar panjang umur/Freepik
Health

Kurangi Gula Rafinasi, Cara Bagus Membantu Diet

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 8 April 2022 - 20:58
Bagikan

Manfaat Mengurangi Gula di Tubuh

  1. Kehilangan berat badan

Ketika konsumsi makanan yang sama tanpa menambahkan gula di dalamnya berarti asupan kalori Anda berkurang. Meningkatkan kadar insulin tidak hanya menambah berat badan ekstra pada perut Anda, tetapi juga menempatkan sel-sel lemak ekstra di seluruh tubuh ke dalam penyimpanan kalori. 

Mengganti gula rafinasi dalam makanan dengan lemak sehat membantu menjaga insulin Anda tetap stabil dan sedikit kalori yang disimpan sebagai lemak. Kelaparan menurunkan kecepatan metabolisme dan Anda bisa menurunkan berat badan ekstra dengan sedikit perjuangan.

  1. Membantu mengurangi lemak perut 

Semua orang tahu bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman manis setiap hari dapat menambah berat badan, terutama di daerah perut. Makanan manis meningkatkan gula darah Anda. 

Waktu lemak menumpuk di sekitar perut Anda juga dikenal sebagai lemak visceral, sel-sel lemak ini berbahaya karena menghasilkan hormon adiposa pembuat masalah kimia yang berjalan ke organ tubuh dan pembuluh darah. Ini dapat menyebabkan peradangan dan beberapa kondisi medis lainnya. 

Jadi, ketika Anda mengurangi makanan manis lainnya, maka Anda akan mulai mengurangi lemak perut dan kondisi medis lain yang berbahaya.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Jika Anda membatasi konsumsi makanan manis, maka akan membantu Anda menjaga berat badan berlebih. Makan lebih sedikit gula rafinasi juga mengurangi risiko penyakit, seperti diabetes. Konsumsi yang berlebihan dapat menghasilkan sel-sel yang kelebihan insulin. Ini menyebabkan kekurangan gizi yang pada akhirnya menyebabkan diabetes.

  1. Nutrisi yang lebih baik

Jika berat badan Anda sehat, maka mengurangi gula tambahan dapat memberikan nutrisi yang lebih baik, terutama bila Anda ingin mengganti kalori padat tinggi dengan makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. 

Makanan ini memiliki lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memperbaiki dan melindungi diri. Ini karena mereka memiliki lebih banyak serat yang membantu tubuh menyerap gula secara perlahan dan kadar glukosa darah Anda akan tetap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro