Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Berpuasa Bagi Penderita Hipertensi, Pantangan dan Anjurannya

Banyak penelitian meneliti mengenai efek puasa terhadap darah tinggi dan ditemukan puasa memiliki efek yang baik ke tekanan darah yaitu justu turun.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 18 April 2022  |  11:51 WIB
Ilustrasi hipertensi - istimewa
Ilustrasi hipertensi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Angka kematian di Indonesia akibat hipertensi sebesar 427.218 kematian dari jumlah kasus 63.309.620 orang. Dari besarnya kasus, bagaimana pasien hipertensi berpuasa di tengah pandemi?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr. Aron Husink Sp.Jp, FIHA melalui akun Youtube “Mayapada Hospital” membagikan informasi mengenai serba-serbi berpuasa bagi para penderita hipertensi.

Penderita Hipertensi Berpuasa akan Menurunkan Tekanan Darah

Kembali ke darah tinggi kenapa terjadi, ada pembuih darah yang isinya darah kita sendiri dan seberapa besar tekanannya tergantung dari jumlah darah dan fungsi darahnya, misal fungsi darah masih bagus atau masih lentur.

Banyak penelitian meneliti mengenai efek puasa terhadap darah tinggi dan ditemukan puasa memiliki efek yang baik ke tekanan darah yaitu justu turun. Lemak dan gula darah lebih turun serta hormom insulin dalam darah lebih rendah tiap harinya, ini berkontribusi pada efek pembuluh darah yang lebih bagus dan lentur. Tapi hal ini tidak terlihat langsung, perubahan darah tinggi dari gaya hidup akan terasa lebih lama efeknya.

Pantangan Pasien Hipertensi Saat Puasa di Tengah Pandemi

Pandemi musuh utamanya adalaj virus, maka cara paling ampuh selain pencegahan yaitu menjaga imunitas. Kandungan lemak dan vitamin itu sangat dibutuhkan pada tubuh, berolahraga ringan 150 menit dalam satu minggu, serta tidur yang teratur menghindari infeksi Covid.

Bagi penderita hipertensi, yang dilakukan sama saja. Karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit kronis seperti hipertensi jika terkena Covid maka menjadi lebih parah, maka usahakan diet rendah garam dan banyak serat agar memperbaiki fungsi darah dan tensi terkontrol.

Menyikapi Pusing dan Rentan Marah

Pada dasarnya kalau ditelaah secara ilmiah kemungkinan pusing dan rentan marah itu ada, misal saat puasa sahurnya kurang jadi suplay gula darah sehariannya kurang. Namun, pada dasarnya mood itu sifatnya subjektif, terutama pada bulan puasa yang tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga amarah. Jadi kita harus tahu cara menyikapinya, sebagai berikut:

1.      Harus menahan diri agar tidak memposisikan di posisi mudah emosi yaitu hindari sumber stress

2.      Sahur yang banyak agar suplay energi tetap terjaga

Obat untuk Hipertensi yang Hanya Bisa Diminum 2x

Obat darah tinggi yang cukup banyak dikenal dan banyak diakses adalah obat kaptopril, tapi dari sisi dosis hukum lebih baik diminum 3x sehari. Jika diminum 2x maka tidak optimal.  Saat puasa konsumsi obat terbatas yaitu saat sahur dan berbuka, maka dari itu cari obat yang diminum 1x atau 2x, banyak obat yang satu jenis tapi berbeda nama dan bekerjanya lebih panjang. Hal ini bisa dikonsultasikan ke dokter yang menangani Anda.

Cara Memenuhi Gizi Makanan pada Hipertensi

Resiko dari hipertensi adalah tinggi garam yang menyebabkan darah tinggi. Kegemukan dan kencing manis juga berhubungan dengan darah tinggi, jadi hindari itu semua.  Berikut yang harus dilakukan untuk memenuhi gizi:

1.      Usahakan diet, perbanyak makan sayur dan buah

2.      Boleh makan daging secukupnya, tapi pastikan sudah kenyang terlebih dahulu dengan sayur dan buah, jadi makan dagingnya sedikit

Ada paradigma diet, yaitu fokus pada apa yang harus dimakan tapi jangan fokus pada apa yang jangan dimakan. Ketika hipertensi harus mengonsumsi banyak sayuran, bukan berarti tidak boleh sama sekali makan daging, asalkan secukupnya dan sedikit itu tidak apa-apa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipertensi darah tinggi Tips Puasa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top