Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg/Takaaki Iwabu
Health

Bill Gates Siap Kucurkan US$1 Miliar per Tahun untuk Cegah Pandemi

Akbar Evandio
Selasa, 19 April 2022 - 14:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pebisnis dan filantropi asal Amerika Serikat (AS) Bill Gates menyebut akan menggunakan dana sebesar US$1 miliar per tahun untuk membentuk kelompok bernama tim GERM.

Dikutip melalui Fast Company, dia mengatakan tim GERM (Global Epidemic Response and Mobilization menjadi jawaban untuk mengantisipasi kehadiran pandemi-pandemi selanjutnya.

Menurutnya, diperlukan pula investasi lebih banyak di sistem kesehatan global serta di bidang riset dan pengembangan. Adapun, tim GERM akan terdiri dari sekitar 3.000 orang. Anggotanya adalah pakar terkait seperti ahli penyakit menular, ilmuwan data, pakar logistik sampai pakar komunikasi dan diplomasi.

"Seperti halnya pemadam kebakaran, tim GERM yang akan melakukan latihan. Jika kita ingin respons yang cepat, kita ingin memastikan semua hal sudah ada dan bisa bergerak dengan sangat cepat. Praktik adalah kuncinya," katanya, dikutip melalui Fast Company, Selasa (19/4/2022).

Pendiri Microsoft itu melanjutkan, pelatihan tersebut akan berguna untuk mencegah pandemi jika terdeteksi akan terjadi.

"Jika tidak ada pandemi, tim GERM bisa fokus untuk menangani penyakit menular lain sebagai prioritas kedua," ujarnya.

Menurutnya, tim GERM akan langsung bergerak cepat dan berkoordinasi dengan berbagai negara jika terdeteksi akan muncul pandemi. Dengan demikian, pandemi dapat dicegah, tak seperti kasus pandemi Covid-19.

"Misinya adalah untuk menghentikan wabah sebelum menjadi pandemi. Ketika pandemi Corona menerpa, kita seperti kota Roma sebelum ada pemadam kebakaran dan air," ujar Gates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro