Ilustrasi bahan kimia
Health

Para Pria Waspada! Kebiasaan Ini Bikin Anda Berisiko Kena Kanker Prostat

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 22 April 2022 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kanker prostat adalah penyebab kematian nomor dua terkait kanker pada pria. Diperkirakan satu dari enam pria akan didiagnosis menderita kanker prostat selama hidupnya.

Prostat adalah kelenjar kecil seukuran kenari yang terletak di antara kandung kemih dan penis.

Prostat menghasilkan cairan mani, yang memelihara dan mengangkut sperma selama ejakulasi. Beberapa kebiasaan buruk meningkatkan risiko kanker secara umum dan beberapa kebiasaan buruk berhubungan dengan kanker prostat secara khusus.

Berikut 6 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kanker prostat dilansir dari Eat This Not That:

1. Makan Diet Tinggi Lemak

Diet yang tinggi lemak jenuh dan tak jenuh dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Ini hasil dari diet tinggi lemak yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker.

2. Banyak Makan Daging Merah

Makan daging merah dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Hal ini diduga karena tingginya kadar lemak jenuh dan kolesterol yang ditemukan. Ini menyebabkan peradangan yang memicu kanker. Daging merah yang matang mengandung amina heterosiklik (HCA). Karsinogen spesifik yang ditemukan dalam daging yang dimasak dapat menyebabkan kanker prostat.

3. Minum Terlalu Banyak Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat merusak DNA dalam sel, yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker.

4. Merokok

Merokok telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Ini karena produk tembakau merusak DNA dalam sel dan menyebabkan pertumbuhan kanker.

5. Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Bahan kimia seperti kadmium dan pestisida telah dikaitkan secara khusus dengan peningkatan risiko kanker prostat.

6. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Obesitas dapat menyebabkan kanker prostat dengan meningkatkan peradangan di seluruh tubuh dan dengan meningkatkan kadar hormon yang dapat mendorong pertumbuhan kanker. Hormon yang mendorong pertumbuhan kanker prostat faktor pertumbuhan seperti insulin-1 (IGF-1).

Mengubah gaya hidup dan pola makan Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit ini. Jika Anda memiliki kekhawatiran, silakan bicarakan dengan dokter Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk ini, penting untuk mengubah gaya hidup Anda untuk mengurangi risiko kanker prostat.

Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari paparan bahan kimia berbahaya semuanya dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat serta kanker lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro