Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Berikut daftar 11 makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes atau pradiabetes seperti dilansir dari Health Line, Sabtu (23/4/2022). 
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 23 April 2022  |  10:14 WIB
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes. 

Kadar gula darah yang tinggi dan tak tekendali dapat menimbulkan banyak masalah serius seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan diabetes sebagai salah gangguan metabolism kronis dengan multietiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Implikasinya, enderita diabetes akan mengalami gangguan pada pankreas. Pankreas yang bekerja tidak sempurna tak mampu menghasilkan insulin yang cukup untuk tubuh. Gara-gara hal itu, sel tubuh tidak dapat mengolah glukosa dengan baik. 

Atas dasar tersebut, umumnya para penderita diabetes diminta untuk menghindari bahkan dilarang mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. 

Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes atau pradiabetes seperti dilansir dari Health Line, Sabtu (23/4/2022). 

11 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

1. Minuman Manis dengan Gula Tambahan 

Minuman manis adalah pantangan terbesar bagi para penderita diabetes lantaran kadar karbohidarat dan fruktosa yang tinggi. Untuk diketahui, minuman bersoda mengandung kurang lebih sebanyak 38,5 gram karbohidrat. 

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat memiliki efek yang besar pada gula darah. Hal tersebut terjadi lantaran tubuh memproses karbohidrat dengan memecahnya menjadi glukosa yang akan diserap kedalam aliran darah Anda.

Jumlah yang sama dari es teh manis dan limun masing-masing mengandung hampir 45 gram karbohidrat. Selain itu, minuman ini sarat dengan fruktosa, yang sangat berpengaruh pada resistensi insulin dan diabetes. 

Terlebih lagi, kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman manis dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan lemak perut dan berpotensi membahayakan kadar kolesterol dan trigliserida. Untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit, konsumsilah air putih atau es teh tawar daripada minuman manis.

2. Makanan Berlemak

Lemak trans buatan sangatlah tidak baik untuk tubuh. Mereka dibuat dengan menambahkan hidrogen ke asam lemak tak jenuh untuk membuatnya lebih stabil.

Lemak trans atau trans fat ditemukan dalam produk margarin, selai kacang, krimer, dan beberapa makanan beku. Selain itu, produsen makanan sering menambahkannya ke biskuit, dan makanan panggang lainnya untuk membantu memperpanjang umur simpan produk.

Meskipun lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, lemak trans dipercaya berpengaruh pada peningkatan peradangan, resistensi insulin, dan lemak perut, serta tingkat kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah dan gangguan fungsi arteri.

3. Roti Putih, Nasi, dan Pasta

Roti putih, nasi, dan pasta adalah makanan yang tinggi karbohidrat. Roti, bagel, dan makanan olahan tepung lainnya telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Jenis makanan ini mengandung sedikit serat. Serat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Sebagai alternatif, memilih makanan utuh berserat tinggi dapat membantu mengurangi respons gula darah

4. Yoghurt Rasa Buah 

Yoghurt polos bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Yoghurt rasa biasanya terbuat dari susu tanpa lemak atau rendah lemak dan sarat dengan karbohidrat dan gula.

Faktanya, 1 cangkir (245 gram) porsi yogurt rasa buah mungkin mengandung hampir 31 gram gula, yang berarti hampir 61% kalorinya berasal dari gula pilihlah yogurt susu murni yang tidak mengandung gula untuk mengontrol diabetes dan kesehatan tubuh. 

5. Sereal Manis

Terlepas dari klaim kesehatan di kotaknya, kebanyakan sereal diproses dengan sangat baik dan mengandung jauh lebih banyak karbohidrat daripada yang disadari banyak orang.

Selain itu, mereka menyediakan sangat sedikit protein , nutrisi yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan puas sekaligus menjaga kadar gula darah Anda stabil di siang hari. Bahkan beberapa sereal sarapan "sehat" bukanlah pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Misalnya, 56 gram sereal granola mengandung 44 gram karbohidrat, sedangkan Kacang Anggur mengandung 47 gram. Terlebih lagi, masing-masing menyediakan tidak lebih dari 7 gram protein per porsi 

Untuk menjaga gula darah dan rasa lapar terkendali, Sarapan tinggi protein dan rendah karbohidrat adalah pilihan terbaik untuk diabetes dan mengontrol nafsu makan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes makanan dan minuman tips sehat Penyakit Diabetes
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top