Nasi putih2/boldsky.com
Health

Makanan yang Harus Dihindari Saat Mudik, Bisa Sebabkan Kantuk

Aliftya Amarilisya
Selasa, 26 April 2022 - 06:41
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Mengantuk tidak saja disebabkan karena kurangnya waktu tidur. Lebih jauh, ia juga bisa disebabkan oleh makanan.

Oleh karena itu, Dokter Spesialis Konsultasi Gizi Klinik dr. Jovita Amelia, Sp.GK pun mengimbau agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menghindari makan tertentu guna menghindari kantuk saat mengemudi.

Dikutip dari Antara, Selasa (26/4/2022), adapun makanan yang dimaksud adalah panganan tinggi karbohidrat, seperti nasi putih, kue, susu, dan permen.

Di sisi lain, dr. Jovita mengatakan, makanan tinggi karbohidrat dan lemak mengandung serotonin dan triptofan yang bisa menyebabkan lelah atau kantuk.

Untuk diketahui, serotonin berperan dalam regulasi mood dan siklus tidur, sedangkan triptofan membantu tubuh memproduksi serotonin.

Dikutip dari Medical News Today, makanan yang mengandung triptofan ini antara lain ikan salmon, daging ayam, telur, bayam, biji-bijian, susu, produk kedelai dan keju.

Sementara itu, makanan tinggi lemak bisa menyebabkan kantuk karena ia melepaskan cholecystokinin yang mana berhubungan dengan rasa lelah.

Lebih jauh, rasa kantuk juga dapat muncul karena seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah besar.

"[Akibatnya] terjadi peningkatan gula darah dan akan diikuti oleh penurunan level energi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro