Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2 Tanda Kekurangan Vitamin B12 pada Rambut Anda

Kekurangan vitamin B12 bisa berdampak pada kerontokan rambut dan uban
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  15:04 WIB
2 Tanda Kekurangan Vitamin B12 pada Rambut Anda
Vitamin B12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - VITAMIN B12 sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Melihat perubahan pada tekstur dan penampilan rambut Anda bisa menunjukkan tingkat rendah dalam tubuh.

Vitamin B12 dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan DNA. Ini juga merupakan pemain kunci dalam fungsi dan perkembangan sel-sel otak dan saraf. Vitamin B12 mengikat protein dalam makanan yang kita makan. Bagi banyak orang, terutama vegan dan vegetarian, memiliki kadar vitamin yang rendah adalah hal yang biasa. Ketika tubuh kekurangan vitamin B12, perubahan pada kulit, mulut, dan bahkan rambut dapat terjadi.

Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin.

Bohlam, yang terletak di bagian bawah folikel rambut, terdiri dari sel-sel yang tumbuh paling cepat dalam tubuh manusia, membelah setiap 23 hingga 72 jam.

Di dasar bohlam adalah papila, yang berisi pembuluh darah.

Tugas utama papila adalah menghubungkan folikel ke suplai darah tubuh untuk memberikan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Karena vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah, memiliki cukup vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Rambut rontok

“Deoxyribonucleic acid, umumnya dikenal sebagai DNA, adalah informasi di dalam setiap sel yang membawa instruksi untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi semua sel, jaringan, dan organ tubuh,” jelas Medical News Today.

Situs kesehatan itu menambahkan: “Ketika sel bereproduksi, ia harus terlebih dahulu membuat salinan DNA-nya.

“Pertumbuhan rambut tergantung pada sintesis DNA dan vitamin B12 yang cukup, di antara nutrisi lainnya.”

Ketika sangat kekurangan B12, proses ini terhenti yang pada gilirannya dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Alasan lain di balik kerontokan rambut karena kekurangan B12 adalah berkurangnya sel darah merah yang membawa oksigen ke folikel rambut.

Beberapa ahli percaya bahwa jika Anda mencoba mengedarkan aliran darah secara topikal melalui pijat kepala, Anda dapat memperlambat proses kerontokan rambut.

Pijat kepala dengan ramuan Ayurveda dan minyak esensial membantu Anda mengurangi kerontokan rambut dengan merangsang sirkulasi darah ke ujung saraf.

Kekurangan vitamin B12: Melihat lebih banyak uban dapat mengindikasikan lebih banyak B12 dalam makanan (Gambar: Getty Images)

Rambut beruban

Vitamin B12 sangat penting dalam membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke folikel rambut, kata Skin Kraft Labroraties.

Situs kesehatan menyatakan: "Ketika kadar vitamin B12 rendah, folikel rambut Anda mungkin tidak dapat menumbuhkan rambut baru secara efisien, yang mengakibatkan rambut rontok."

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan gejala anemia, yang berhubungan dengan rendahnya kadar zat besi, penipisan rambut, dan kerontokan rambut.

Jika Anda masih muda dan melihat rambut Anda beruban, itu bisa jadi karena kekurangan vitamin B12. Menurut penelitian, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

Faktanya, kekurangan vitamin B12 adalah salah satu penyebab paling umum dari rambut beruban sebelum waktunya.

Para peneliti telah mencatat bahwa kekurangan vitamin B12 sering bersamaan dengan kekurangan asam folat dan biotin pada orang yang rambutnya mulai beruban lebih awal.

“Uban prematur dapat diatasi dengan suplementasi vitamin B12 hanya jika kekurangan vitamin B12 adalah penyebabnya,” kata Medicine.net.

Situs itu menambahkan: "Jika Anda beruban karena faktor lain, seperti genetika, kekurangan seng, obat-obatan, uban Anda tidak dapat dibalik."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c vitamin Virus Corona multivitamin vitamin d Vitamin B
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top