Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Penyakit Paling Mematikan dalam Sejarah

Berikut 7 penyakit paling mematikan dalam sejarah manusia dan bagaimana perkembangannya saat ini.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  13:51 WIB
Coronavirus
Coronavirus

Bisnis.com, JAKARTA — Sepanjang sejarah manusia, ada banyak penyakit menular dan mematikan yang telah diperangi orang. Sebelum kemajuan antibiotik dan virologi pada abad ke-20, penyakit-penyakit yang sekarang dapat diobati sepenuhnya bahkan pernah lebih mematikan.

Berikut 7 penyakit paling mematikan dalam sejarah manusia yang pernah terjadi di muka bumi

1. Black Death: Wabah Bubonic

Black Death melanda sebagian besar Eropa dan Mediterania dari 1346 sampai 1353. Lebih dari 50 juta orang meninggal dan lebih dari 60% dari seluruh populasi Eropa pada saat itu. Banyak sejarawan percaya itu dimulai di Stepa Asia Tengah, area padang rumput yang luas, area di mana hewan pengerat hidup dalam jumlah dan kepadatan yang besar (juga disebut fokus wabah).

2. Monster Berbintik: Cacar

Asal-usul cacar telah hilang dalam prasejarah tetapi penelitian menunjukkan itu pertama kali muncul sekitar 10.000 SM. Tanda bopeng menghiasi sisa-sisa mumi Firaun Mesir Ramses V yang agung (bertanggal 1156 SM) dan penyakit itu dijelaskan dalam teks-teks Sansekerta kuno. Cacar disebabkan oleh virus variola. Manusia adalah satu-satunya penjamu alami cacar.

3. Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS)

SARS menimbulkan kepanikan yang meluas pada tahun 2003 dan disebabkan oleh virus corona yang sebelumnya tidak dikenal (SARS-CoV-1). Gejala SARS dimulai 2-10 hari setelah kontak dengan virus dan termasuk demam tinggi, sakit kepala, nyeri tubuh, terkadang diare. Gejala utama yang menjadi perhatian adalah kesulitan bernapas parah, hampir semua yang terinfeksi mengembangkan pneumonia.

4. Flu Burung

Flu burung telah terjadi secara sporadis di seluruh dunia sejak penyakit ini pertama kali tercatat di Italia pada tahun 1878. Perlu waktu hingga tahun 1955 untuk menemukan bahwa virus yang menyebabkan flu burung adalah virus influenza tipe A. Flu burung terjadi secara alami di antara burung air liar dan dapat dengan mudah menyebar ke unggas ternak yang lebih rentan.

5. Ebola

Ebola adalah penyakit parah, seringkali fatal (tingkat kematian rata-rata 50% [kisaran 25-90%]), yang disebabkan oleh filovirus Ebola. Ada lima jenis virus ebola yang berbeda, empat di antaranya diketahui menyebabkan penyakit pada manusia. Ebola pertama kali ditemukan pada tahun 1976 dan kelelawar dianggap sebagai reservoir (inang permanen alami) virus yang paling mungkin.

6.  Kusta

Kusta adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh lambat, Mycobacterium lepraehas. Ini memiliki masa inkubasi yang panjang - dua hingga lima tahun (kisaran 6 bulan hingga 40 tahun) dan gejala biasanya dimulai sebagai mati rasa atau kehilangan perasaan di area kulit tertentu, yang mencerminkan afinitas bakteri terhadap sel saraf.

7. Polio: Penyakit Anak Paling Ditakuti Tahun 1940-50-an

Polio adalah penyakit melumpuhkan yang berakibat fatal. Anak-anak di bawah usia lima tahun sangat rentan. Meskipun epidemi periodik terjadi selama akhir abad ke-19, lonjakan prevalensi yang terjadi pada tahun 1940-an dan awal 1950-an yang memicu dimulainya kampanye vaksinasi polio di seluruh dunia. Polio disebabkan oleh virus polio yang sangat menular dari orang ke orang, paling sering melalui kontak dengan kotoran yang terinfeksi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit wabah Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top