Ilustrasi menurunkan berat badan./Istimewa
Health

Kenali Tipe Tubuh Metabolikmu dan Cara Tepat Menurunkan Berat Badan

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Metabolisme adalah salah satu dari banyak faktor yang tidak diperhitungkan selama penurunan berat badan.

Saat semua menyamakan pelatihan yang kuat dan mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan, maka banyak orang melupakan mekanisme biologis inti yang mengatur berat badan pada manusia. Ini disebut metabolisme.

Metabolisme dan berat badan berjalan beriringan. Melihat berbagai cara tubuh kita membakar kalori, tingkat metabolisme basal adalah satu. Ini adalah energi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh saat istirahat. 

Jika Anda memiliki metabolisme yang lebih tinggi, maka Anda akan membakar lebih banyak kalori dan karenanya berat badan Anda akan terkendali. Jika Anda memiliki metabolisme yang lebih rendah, maka Anda mungkin tidak membakar cukup kalori.

Menurut laporan Harvard Medical School yang dilansir dari Times of India pada Sabtu (14/5/2022), seberapa cepat ‘mesin’ tubuh Anda berjalan rata-rata, dari waktu ke waktu, menentukan berapa banyak kalori yang Anda bakar. Jika metabolisme Anda “tinggi atau cepat,” maka Anda akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat dan selama aktivitas. 

Metabolisme yang tinggi berarti Anda perlu memasukkan lebih banyak kalori untuk mempertahankan berat badan. Ini salah satu alasan beberapa orang bisa makan lebih banyak daripada yang lain tanpa menambah berat badan. 

Sementara itu, seseorang dengan metabolisme “rendah atau lambat” akan membakar lebih sedikit kalori saat istirahat dan selama aktivitas. Oleh karena itu, harus makan lebih sedikit untuk menghindari kelebihan berat badan.

3 Tipe Tubuh yang Perlu Dipahami

Ada tiga tipe tubuh yang berbeda berdasarkan tingkat metabolisme. Ini akan membantu seseorang untuk memahami akar penyebab masalah berat badan dan akan membimbingnya menuju rencana penurunan berat badan. Simak dan catat berikut ini:

1. Endomorphs

Tipe tubuh ini memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dan massa otot yang lebih sedikit. Orang dengan tipe tubuh ini memiliki metabolisme yang lebih lambat. Ini berarti tubuh mereka tidak cukup membakar kalori sehingga diubah menjadi lemak.

Untuk mengatur berat badan dengan mudah, asupan karbohidrat harus dibatasi. Makanan seperti roti putih, nasi putih, pasta, kue, dan kue kering harus dihindari. Pakar kesehatan menyarankan orang-orang ini harus mengontrol porsi makanannya dan harus konsumsi hampir 400 kalori lebih sedikit untuk mengurangi risiko kenaikan berat badan.

Tipe Endomorphs harus selalu berusaha lebih keras di gym. Latihan kardio dan kekuatan ditambah dengan latihan lain seperti yang disarankan oleh pelatih kebugaran akan menghasilkan keajaiban pada tipe tubuh ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro