Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda Tubuh Anda Mulai Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Stroke panas adalah keadaan darurat. Ini bisa menjadi sangat mematikan dengan sangat cepat. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan tanda-tanda peringatan dan mendengarkan tubuh Anda.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  20:14 WIB
Suhu panas membuat orang mudah mengalami 'heat stroke' - everydayhealth
Suhu panas membuat orang mudah mengalami 'heat stroke' - everydayhealth

Bisnis.com, JAKARTA — Baik itu seharian di pantai, mendaki di jalur favorit Anda, atau bersepeda panjang, Anda dipastikan akan terpapar sinar matahari.

Paparan sinar matahari, akan membuat Anda kepanasan, yang pada akhirnya bisa membuat Anda kelelahan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kelelahan akibat panas terjadi saat tubuh kehilangan terlalu banyak air dan garam, biasanya melalui keringat. Ini dapat disebabkan oleh dehidrasi, dan dapat disertai dengan penyakit serius terkait panas lainnya seperti serangan panas, ruam panas, dan kram panas.

Dikutip dari Health Digest, kelelahan akibat panas dapat memiliki efek besar pada kesehatan dan kesejahteraan individu, tetapi ada beberapa cara untuk mencegahnya. Mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dengan benar adalah langkah pertama.

Tanda-Tanda Kepanasan

Tanda-tanda Anda mulai kepanasan adalah berkeringat banyak, ruam panas, pusing, dan kram otot. Diikuti merasa pusing, sedikit mual, atau sakit kepala. Ini adalah saat tubuh Anda kepanasan, suhu tubuh meningkat.

Setelah Anda melihat tanda-tanda ini, sangat penting untuk segera mengambil langkah yang tepat.

Cara Menangani Kepanasan

Prioritas pertama adalah mendinginkan suhu tubuh Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menemukan lokasi yang memberikan keteduhan, duduk di gedung ber-AC, menempatkan kompres dingin di dahi Anda, atau mandi air dingin,

Coba untuk melonggarkan pakaian Anda dan meletakkan kain basah yang dingin di tubuh Anda. Langkah selanjutnya adalah rehidrasi dan pengisian dengan cairan seperti air atau minuman olahraga dengan elektrolit. Biarkan tubuh Anda beristirahat dan mengatur ulang sebelum mengeksposnya ke suhu tinggi lagi.

Jika Anda mulai muntah, atau gejala Anda memburuk atau tidak membaik setelah satu jam mengambil langkah yang tepat, inilah saatnya untuk mencari bantuan dari profesional medis. Kelelahan panas dapat meningkat menjadi sengatan panas jika langkah-langkah yang diperlukan tidak diambil.

Stroke panas adalah keadaan darurat. Ini bisa menjadi sangat mematikan dengan sangat cepat. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan tanda-tanda peringatan dan mendengarkan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cuaca panas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top