Suhu panas membuat orang mudah mengalami heat stroke/everydayhealth
Health

Tanda Tubuh Anda Mulai Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 17 Mei 2022 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Baik itu seharian di pantai, mendaki di jalur favorit Anda, atau bersepeda panjang, Anda dipastikan akan terpapar sinar matahari.

Paparan sinar matahari, akan membuat Anda kepanasan, yang pada akhirnya bisa membuat Anda kelelahan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kelelahan akibat panas terjadi saat tubuh kehilangan terlalu banyak air dan garam, biasanya melalui keringat. Ini dapat disebabkan oleh dehidrasi, dan dapat disertai dengan penyakit serius terkait panas lainnya seperti serangan panas, ruam panas, dan kram panas.

Dikutip dari Health Digest, kelelahan akibat panas dapat memiliki efek besar pada kesehatan dan kesejahteraan individu, tetapi ada beberapa cara untuk mencegahnya. Mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dengan benar adalah langkah pertama.

Tanda-Tanda Kepanasan

Tanda-tanda Anda mulai kepanasan adalah berkeringat banyak, ruam panas, pusing, dan kram otot. Diikuti merasa pusing, sedikit mual, atau sakit kepala. Ini adalah saat tubuh Anda kepanasan, suhu tubuh meningkat.

Setelah Anda melihat tanda-tanda ini, sangat penting untuk segera mengambil langkah yang tepat.

Cara Menangani Kepanasan

Prioritas pertama adalah mendinginkan suhu tubuh Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menemukan lokasi yang memberikan keteduhan, duduk di gedung ber-AC, menempatkan kompres dingin di dahi Anda, atau mandi air dingin,

Coba untuk melonggarkan pakaian Anda dan meletakkan kain basah yang dingin di tubuh Anda. Langkah selanjutnya adalah rehidrasi dan pengisian dengan cairan seperti air atau minuman olahraga dengan elektrolit. Biarkan tubuh Anda beristirahat dan mengatur ulang sebelum mengeksposnya ke suhu tinggi lagi.

Jika Anda mulai muntah, atau gejala Anda memburuk atau tidak membaik setelah satu jam mengambil langkah yang tepat, inilah saatnya untuk mencari bantuan dari profesional medis. Kelelahan panas dapat meningkat menjadi sengatan panas jika langkah-langkah yang diperlukan tidak diambil.

Stroke panas adalah keadaan darurat. Ini bisa menjadi sangat mematikan dengan sangat cepat. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan tanda-tanda peringatan dan mendengarkan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro