Ilustasi perempuan mengaplikasikan skincare wajah/Freepik
Fashion

Tips Merawat Kulit Wajah untuk Perempuan Usia 30 Tahunan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 Juni 2022 - 10:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanda-tanda penuaan genetik dan lingkungan mulai terlihat di usia 30-an.

Ketika usia seseorang menginjak 30 tahun, dia akan mengalami perubahan tekstur, pembesaran pori-pori, kulit kusam, kendur, munculnya garis-garis halus, kerutan dan lingkaran hitam.

Dr. Neha Sharma seorang Dermatologist dilansir dari Pinkvilla juga mengatakan karena itu, pada usia 30-an Anda harus rutin melakukan perawatan kulit agar mencegah penuaan dini.

Berikut tips dari dr Neha untuk merawat kulit Anda ketika usia mencapai 30 tahun :

Pada siang hari, kulit Anda terpapar sinar UV dan stresor lingkungan lainnya seperti polusi yang membuat kita menua. Radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan ini dapat memecah kolagen kita dan juga menyebabkan pigmentasi.

Jadi, di siang hari perawatan kulit dianjurkan memakai serum antioksidan, pelembab dan tabir surya sangat penting. Carilah bahan-bahan seperti Vit c, Vit E dan asam Ferulic dalam serum antioksidan Anda. Tetapi sekali lagi, serum antioksidan mungkin tidak bekerja untuk semua orang. Karena ada yang menyebabkan berjerawat bagi beberapa orang, jadi konsultasikan dengan dokter kulit sebelum melakukan rutinitas Anda.

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda cenderung mengalami dehidrasi. Dan kulit dehidrasi pasti akan menua lebih cepat! Oleh karena itu, kita perlu menjaga hidrasi yang cukup. Minum banyak air dan oleskan pelembab. Pelembab harus kaya akan bahan-bahan seperti ceramide, asam lemak, squalene, asam hialuronat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah pelembap berbahan dasar gel. 

Pakai krim mata karena area di sekitar mata cenderung lebih tipis dan karenanya lebih halus. Mungkin ada pigmentasi, lingkaran hitam, garis-garis halus. Bicaralah dengan dokter kulit Anda dan pakai krim atau serum yang dirancang khusus untuk area itu.

Semua langkah perawatan kulit dan anti-penuaan Anda tidak berguna kecuali Anda menggunakan tabir surya. Ada banyak informasi tentang tabir surya mineral dan kimia. Dan juga, miliaran pilihan untuk Anda. Pilih tabir surya setelah berbicara dengan dokter Anda. Pakai ulang tabir surya Anda setiap 3 jam baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Pada malam hari, kulit Anda masuk ke mode perbaikan. Jadi rutinitas perawatan kulit malam hari harus fokus pada peremajaan. Retinol, asam alfa atau beta hidroksi semuanya harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit malam hari.

Mereka membantu mempercepat pergantian sel kulit, sebuah proses yang melambat dalam 30-an. Retinol adalah pilihan terbaik Anda untuk memulihkan dan meremajakan kulit Anda. Retinol, turunan vitamin A, mendukung produksi alami kolagen dan elastin untuk mengurangi munculnya kerutan dan juga memperbaiki tekstur kulit. Jenis Retinol dan cara meningkatkan kekuatannya secara bertahap semua tergantung pada jenis kulit Anda.

Pemakaian agen pengelupasan seperti asam alfa hidroksi atau asam betahidroksi untuk kulit kusam atau jerawat harus dilakukan setelah Anda berbicara dengan dokter kulit Anda. Pengelupasan kulit, jika dilakukan dengan benar, sebenarnya meningkatkan penghalang kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro