Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-Tanda Kanker Darah dan Cara Diagnosisnya

Gejala kanker darah, biasanya datang perlahan, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya. Bahkan beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  11:34 WIB
Tanda-Tanda Kanker Darah dan Cara Diagnosisnya
Ilustrasi kanker darah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kanker darah adalah salah satu jenis kanker yang sulit disembuhkan, terutama jika sudah memasuki stadium akhir.

Gejala kanker darah, biasanya datang perlahan, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya. Bahkan beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali.

Dilansir dari WebMD, ada beberapa jenis kanker darah yang paling umum berikut ini :

1. Leukemia

Sel darah dibuat di dalam sumsum tulang Anda, dan di situlah leukemia dimulai. Ini menyebabkan tubuh Anda membuat sel darah putih yang tumbuh di luar kendali dan hidup lebih lama dari yang seharusnya. Dan tidak seperti sel darah putih normal, mereka tidak membantu tubuh Anda melawan infeksi. Tanda-tandanya antara lain:

- Merasa lelah dan lemah

- Sesak napas

- Pusing

- Kulit pucat

- Sakit dada

2. Limfoma

Sistem getah bening Anda membawa sel darah putih yang melawan infeksi yang disebut limfosit ke seluruh tubuh Anda dan membantu membuang limbah. Limfoma menyebabkan tubuh Anda membuat limfosit yang tumbuh di luar kendali dan membuat Anda lebih sulit untuk melawan infeksi. Beberapa tanda umum dari limfoma adalah:

-  Demam

-  Keringat malam

-  Merasa lelah

-  Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

-  Kulit yang gatal

3. Mieloma Multiple

Sel plasma adalah jenis lain dari sel penangkal penyakit dalam aliran darah Anda. Mieloma multiple menyebabkan sumsum tulang Anda yang membuat sel plasma tumbuh di luar kendali dan mencegah tubuh Anda membuat cukup sel darah yang sehat. Mereka juga melepaskan bahan kimia ke dalam darah Anda yang dapat melukai organ dan jaringan Anda.

Tanda paling umum adalah nyeri yang serius dan berlangsung lama, biasanya di punggung atau tulang rusuk Anda. Ini juga menyebabkan hiperkalsemia, yaitu kadar kalsium yang tinggi dalam darah Anda. Menyebabkan mual dan sakit perut, rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan, sembelit, kehilangan selera makan, kelemahan, serta kebingungan.

Diagnosis Kanker Darah

1. Tes Darah

Perawat atau teknisi akan mengambil darah dari vena di lengan Anda di dekat siku. Tim medis Anda dapat menggunakan sampel untuk hitung darah lengkap (CBC), sediaan apusan darah, tes kimia darah, diferensial sel darah putih, FISH(hibridisasi fluoresensi in situ), flow cytometry, immunophenotyping, tes kariotipe, dan reaksi berantai polymerase.

2. Tes Sumsum Tulang

Dokter akan mencari tahu apakah suatu penyakit menyerang sumsum tulang Anda. Beberapa penyakit muncul di sana sebelum mereka muncul dalam darah Anda. Dokter akan melakukan dua hal yaitu aspirasi sumsum tulang atau biopsi sumsum tulang.

3. Biopsi Kelenjar Getah Bening

Kanker darah dapat mempengaruhi bagian dari sistem kekebalan Anda yang disebut sistem limfatik Anda. Ini berjalan di seluruh tubuh Anda, termasuk amandel dan limpa Anda, bersama dengan kelenjar getah bening yang seukuran kacang. Tim medis Anda akan mengambil sebagian atau seluruh simpul untuk mencari kanker.

4. Tes Pemindaian

Tes tanpa rasa sakit ini memungkinkan dokter Anda melihat ke dalam diri Anda. Akan menunjukkan tumor atau kondisi lain.

-  Sinar-X dada: Ini dapat membantu dokter Anda menemukan tumor, infeksi, atau kelenjar getah bening yang besar.

-  Pemindaian CT (computed tomography): Dokter Anda akan menggunakan mesin yang mengambil sinar-X dari sudut yang berbeda. Mereka akan menggabungkan gambar-gambar itu untuk membuat gambar yang lebih lengkap. Itu dapat menunjukkan kelenjar getah bening yang besar dan kelainan organ lainnya,

-  Pemindaian MRI (magnetic resonance imaging): Ini menggunakan gelombang magnet dan radio yang kuat untuk membuat gambar detail organ, pembuluh darah, atau tulang Anda. Ini dapat membantu dokter Anda menemukan tumor atau mencari perubahan pada tulang Anda yang menandakan jenis kanker darah yang disebut myeloma.

- Pemindaian PET (positron emission tomography): Ini menggunakan bentuk gula radioaktif untuk menunjukkan metabolisme Anda di tempat kerja. Ini dapat memberi tahu dokter Anda jika Anda menderita limfoma atau kanker lainnya. Saat Anda mendapatkan tes, teknisi akan memberi Anda suntikan yang mengandung gula.

5. Fungsi Lumbal

Tes ini melihat sampel cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang Anda. Ini dapat memberi tahu dokter Anda jika cairan tersebut mengandung sel kanker darah.  Anda akan berbaring miring, dan tim medis Anda akan membuat bagian punggung Anda mati rasa. Kemudian dokter Anda akan menggunakan jarum untuk mengambil sedikit cairan dari antara tulang-tulang di tulang belakang Anda.

6. Tes urin

Ini mengukur protein, sel darah, dan zat lain dalam urin Anda. Bahan kimia dalam darah Anda sering berakhir di urin Anda setelah ginjal Anda menyaring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker kanker payudara kanker serviks kanker paru-paru kanker darah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top