Cuplikan film Lightyear yang dilarang tayang di 14 negara gara-gara adegan sesama jenis (LGBT)/IMDB
Entertainment

Film Lightyear Dilarang Tayang di 14 Negara, Termasuk Indonesia?

Alifian Asmaaysi
Selasa, 14 Juni 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Film Lightyear, besutan studio Pixar Studio yang dijadwalkan akan tayang serempak pada Kamis (16/6/2022), dilarang tayang di di 14 negara lantaran menampilkan cuplikan adegan sesama jenis (LGBT).

Senin (13/6/2022), pemerintah Uni Emirat Arab (EAE) secara resmi melarang penayangan film animasi Lightyear tersebut karena dinilai melanggar standar media negara Arab yang melarang konten berbau LGBT.

Sama seperti UAE, 13 negara mayoritas muslim lainnya yang tidak melegalkan hubungan sesama jenis seperti Malaysia, Lebanon, Kuwait, Mesir, Malaysia, hingga Indonesia turut melarang film Lightyear yang disutradarai oleh Galyn Susman tersebut.

Tak hanya itu, film Lightyear diduga juga tidak akan tayang di China setelah Galyn Susman mengatakan bahwa Disney menolak pemotongan adegan yang diminta oleh pihak berwenang.

Film animasi yang merupakan spin-off prequel Toy Story ini menjadi sorotan setelah Disney dilaporkan memasukkan adegan ciuman sesama jenis. Adegan LGBT tersebut dilakukan oleh salah satu tokohnya bernama Alicia Hawthorne bersama kekasih sesama jenisnya yang tidak diketahui namanya.

Sementara itu, Chris Evans selaku pengisi suara karakter Buzz Lightyear turut memberikan tanggapan dalam pemutaran perdana film tersebut di London, Inggris. Dia mengungkapkan rasa terhadap adegan ciuman sesama jenis yang ada di film Lightyear.

“Sangat bagus bahwa kami turut menjadi bagian dari sebuah karya yang membawa pengaruh dalam kapasitas inklusi sosial, tetapi [ini juga] cukup menjadi beban karena ada beberapa bagian yang tidak semestinya,” tutur Chris Evans seperti dikutip dari Independent, Selasa (14/6/2022).

Sementara itu, Galyn Susman di kesempatan yang sama mengatakan bahwa Disney tidak akan memotong adegan apapun dari film Lightyear.

Hal itu terutama sesuatu yang penting seperti hubungan cinta dan inspirasional.

"Adegan tersebut yang mengajarkan Buzz [Lighyear] soal apa [saja] yang telah dia lewatkan saat dirinya menjalankan pilihan yang dia buat,” jelas Galyn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro