Buah Kiwi/Blackpeppercorn
Health

14 Makanan untuk Lancarkan Buang Air Besar (BAB)

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 15 Juni 2022 - 19:39
Bagikan

Apel hingga Kiwi

8. Apel dan pir

Apel dan pir mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol, dan fruktosa. Buah-buahan ini juga mengandung kadar air yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

9. Anggur

Anggur memiliki rasio kulit-daging yang tinggi, yang berarti kaya akan serat, dan juga mengandung banyak air. Untuk meringankan sembelit, cobalah makan beberapa genggam anggur mentah yang sudah dicuci.

10. Kiwi

Rata-rata, 100 g kiwi mengandung sekitar 2-3 g serat, yang dapat menambah jumlah kotoran dan mempercepat aliran usus. Kiwi juga mengandung actinidine, enzim yang mendorong pergerakan di saluran pencernaan bagian atas, dan beberapa fitokimia yang berperan dalam meningkatkan pencernaan.

11. Blackberry dan raspberry

Blackberry dan raspberry kaya akan serat dan air, yang keduanya dapat meringankan sembelit. Cobalah makan satu atau dua genggam blackberry atau raspberry mentah yang dicuci setiap hari.

12. Roti gandum utuh, sereal, dan pasta

Produk gandum utuh merupakan sumber serat tidak larut yang sangat baik, yang menambah berat tinja dan mempercepat aliran bahan melalui usus..

13. Minyak zaitun dan biji rami

Minyak zaitun dapat memperlancar aliran bahan melalui usus. Minyak zaitun dan biji rami memiliki efek pencahar ringan, yang dapat memperlancar aliran bahan melalui usus dan meredakan sembelit.

14. Sauerkraut

Sauerkraut mengandung bakteri probiotik yang dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mengurangi sembelit. Bakteri ini juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan pencernaan laktosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro