Gandum dan tepung terigu. /Istimewa
Health

14 Makanan untuk Lancarkan Buang Air Besar (BAB)

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 15 Juni 2022 - 19:39
Bagikan

Air hingga Gandum

1. Air

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit, dan minum banyak air sering kali dapat membantu meringankan atau mengatasi gejalanya. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, usus mereka tidak dapat menambahkan cukup air ke tinja. Ini menghasilkan tinja yang keras, kering, dan kental dan dapat menyebabkan sembelit.

2. Yogurt dan kefir

Probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Banyak produk susu, termasuk yogurt dan kefir, mengandung mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik. Probiotik sering disebut bakteri "baik", dan mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan tinja.

3. Kacang-kacangan

Kebanyakan kacang-kacangan, lentil, buncis, dan kacang polong sangat tinggi serat, yang merupakan nutrisi yang meningkatkan pencernaan yang baik dan mengurangi sembelit. Satu porsi 100 g kacang-kacangan juga mengandung sejumlah besar nutrisi lain yang membantu meringankan sembelit, seperti potasium, folat, seng, dan vitamin B6.

4. Sup bening

Sup bening bergizi dan mudah dicerna. Mereka juga menambah kelembapan pada tinja yang keras dan padat, yang dapat melunakkannya, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

5. Plum

Plum mengandung banyak serat, nutrisi yang dikenal untuk memudahkan dan mempercepat buang air besar. Plum juga mengandung senyawa sorbitol dan fenolik yang memiliki manfaat gastrointestinal.

6. Gandum

Gandum kaya serat tidak larut, yang dapat mempercepat aliran bahan melalui usus. Meningkatkan fungsi usus dan mengurangi sembelit pada wanita sehat yang biasanya tidak makan banyak serat.

7. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat melindungi usus dan memperlancar pencernaan. Sulforaphane juga dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebih dari beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu pencernaan yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro