Sally Ride, Astronot Perempuan AS Pertama yang Terbang Ke Luar Angkasa/shareamerica.gov
Relationship

Sejarah 18 Juni, Sally Ride, Astronot Perempuan AS Pertama yang Terbang Ke Luar Angkasa

Rahmad Fauzan
Sabtu, 18 Juni 2022 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini pada 39 tahun lalu, tepatnya 18 Juni 1983, Sally Ride berhasil menjadi astronot perempuan Amerika Serikat pertama yang menerbangkan roket ke luar angkasa.

Mengutip situs resmi National Aeronautics dan Space Administration (NASA), Sabtu (18/6/2022), Ride lahir pada 26 Mei 1951 di California, Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan masa sekolah menengah atas (SMA), Ride melanjutkan pendidikannya di Standford University di California dan mengambil jurusan Fisika.

Dia bergabung dengan NASA saat berusia 26 tahun pada 1977. Pada saat itu, Ride menjadi anggota astronot perempuan NASA ketika masih menyandang status sebagai pelajar.

"Sally memutuskan untuk menjadi astronot NASA setelah melihat pengumuman di media cetak sekolah. Dia menjadi satu dari enam perempuan yang terseleksi," tulis NASA seperti dikutip, Sabtu (18/6/2022).

Pada 18 Juni 1983, Ride menjadi astronot perempuan berkebangsaan Amerika Serikat pertama yang menerbangkan pesawat ke luar angkasa. Saat itu, dia berusia 32 tahun.

Penerbangannya ke luar angkasa merupakan misi instalasi salah satu satelit milik NASA di luar angkasa. Setahun kemudian, Ride kembali menerbangkan pesawat ulang-alik sebelum akhirnya meninggalkan NASA pada 1987.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro