Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Alami Membersihkan Paru-paru Anda, Penting untuk Perokok

Berikut berbagai latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru dan meningkatkan pernapasan, dilansir dari Medical News Today
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  13:02 WIB
Cara Alami Membersihkan Paru-paru Anda, Penting untuk Perokok
Cara Alami untuk Membersihkan Paru-paru Anda - Reuters/Luke MacGregor

Bisnis.com, JAKARTA - Membersihkan paru-paru penting bagi orang yang merokok, sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan cystic fibrosis.

Kadangkala, kita juga tidak sadar telah menghirup polusi udara, asap rokok, dan iritan lainnya dapat merusak paru-paru.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Paru-paru adalah organ yang membersihkan diri, ini berarti mereka dapat mulai menyembuhkan diri sendiri setelah paparan polutan berhenti.

Berikut berbagai latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru dan meningkatkan pernapasan, dilansir dari Medical News Today:

1. Terapi uap

Terapi uap atau inhalasi uap adalah metode menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan juga dapat membantu melonggarkan lendir. Uap menambah kehangatan dan kelembapan ke udara yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan bantuan langsung dan membantu orang bernapas lebih mudah.

2. Batuk terkontrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir secara alami. Batuk terkontrol mengendurkan kelebihan lendir di paru-paru, mengirimkannya melalui saluran udara. Orang dapat membersihkan paru-paru mereka dari kelebihan lendir dengan duduk di kursi, menjaga kedua kaki rata di lantai, melipat tangan di atas perut, perlahan menghirup melalui hidung, dan menghembuskan napas perlahan.

3. Mengeluarkan lendir dari paru-paru

Drainase postural yaitu berbaring di posisi yang berbeda untuk menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Latihan ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru.

4. Olahraga

Olahraga teratur tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang serta mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan, tetapi juga dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan paru-parunya. Latihan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.

6. Makanan anti inflamasi

Peradangan pada saluran napas dapat membuat sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Makan makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala-gejala ini. Makanan yang membantu melawan peradangan yaitu kunyit, sayuran hijau, ceri, bluberi, zaitun, kenari, kacang polong, dan kacang-kacangan.

7. Perkusi dada

Perkusi adalah metode lain untuk membantu menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru. Seorang profesional kesehatan atau terapis pernapasan akan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk mengetuk dinding dada secara berirama untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap di paru-paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paru-paru polusi udara pernafasan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top