Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta-fakta Penyakit X yang Disebut Lebih Mematikan daripada Covid

Wabah penyakit menular yang tidak terduga ini telah berulang kali mengejutkan dunia medis, berikut berbagai fakta mengenai penyakit X
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  15:23 WIB
Fakta-fakta Penyakit X yang Disebut Lebih Mematikan daripada Covid
Fakta-fakta Penyakit X yang Disebut Lebih Mematikan daripada Covid - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Ilmuwan Inggris memberikan peringatan akan adanya penyakit X atau X disease yang bakal muncul di muka bumi, yang akan lebih mematikan daripada wabah covid.

Isu soal penyakit X ini, sebenarnya sudah dikeluarkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) sebagai epidemi internasional yang disebabkan oleh patogen yang saat ini tidak diketahui.

Penyakit X bisa dikatakan sebagai istilah dari WHO untuk mewakili berbagai penyakit yang bisa menyebabkan epidemi selanjutnya.

Penyakit X menempati tempat di antara penyakit seperti Ebola, Zika, dan penyakit coronavirus 2019 (Covid-19).

Wabah penyakit menular yang tidak terduga ini telah berulang kali mengejutkan dunia medis, berikut berbagai fakta mengenai penyakit X:

1. Tidak diketahui

Alasan dinamakan Penyakit X adalah karena memiliki arti segala hal yang tidak diketahui. Hal ini yang menyebabkan pakar kesehatan mendesak pemerintah untuk tetap siap menghadapi patogen baru melihat berbagai infeksi yang telah terjadi sebelumnya.

2. Penyakit X lebih mematikan daripada Covid

Covid-19 dan pandemi baru-baru ini merupakan versi yang lebih ringan dari Penyakit X yang diperkirakan akan paling menonjol.

3. Disebabkan oleh patogen X

Patogen X diperkirakan sebagai zoonosis, yaitu kemungkinan besar virus RNA. Muncul dari daerah di mana faktor risiko meningkatkan penularan berkelanjutan.

4. Memicu penyakit zoonosis

Telah diperingatkan bahwa akan lebih banyak penyakit zoonosis muncul, yaitu penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia.

5. Telah dilakukan uji coba

Badan Kesehatan PBB telah mengembangkan peta jalan penelitian, profil produk target, dan desain uji coba untuk mengevaluasi alat untuk serangkaian penyakit prioritas.

Langkah-langkah Mengurangi Penyebaran Penyakit X

Prediksi dampak Penyakit X pada kehidupan memang mengerikan, namun berikut langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghentikan Penyakit X dan untuk mengurangi penyebaran dan kerusakannya, dilansir dari National Library of Medicine:

1. Perlu mengembangkan pedoman internasional untuk mengendalikan bioterorisme. Serangan bioterorisme juga dapat mengakibatkan epidemi, misalnya, jika virus Ebola atau Lassa digunakan sebagai agen biologis.

2. Menerima saran dari akademisi yang harus dicari pada waktu yang tepat tanpa keterlibatan politik.

3. Pembatasan perjalanan yang segera dan tepat serta pemeriksaan bandara perlu diterapkan untuk menahan penyebaran patogen X lintas batas.

4. Ilmuwan, klinisi, dan pakar penyakit menular dunia harus bertindak secara kolaboratif untuk menyelidiki, mengendalikan, dan menghilangkan penyakit secara tepat waktu.

5. Pengujian yang meluas dan pelacakan kontak yang ketat dapat secara efektif menahan wabah.

6. Investasi tepat waktu dapat dilakukan untuk mempercepat pengembangan, ketersediaan, dan persetujuan tindakan medis (seperti diagnostik, vaksin, dan uji klinis) yang diperlukan sebelum dan selama pandemi.

7. Pengawasan aktif laboratorium virus diperlukan untuk menghindari potensi kebocoran virus baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit who wabah sakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top