Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting Diketahui, Ini 5 Fakta Menarik Seputar Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang dapat mendatangkan nyeri dan pembengkakan pada satu bagian tubuh.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  20:16 WIB
Penting Diketahui, Ini 5 Fakta Menarik Seputar Asam Urat
Sakit asam urat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang paling menyakitkan.

Penyakit ini menyebabkan beberapa penderitanya mengalami masalah nyeri tak tertahankan hingga adanya pembengkakan di area persendian.

Penyakit ini muncul karena senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin terlalu banyak. Purin sendiri merupakan zat alami tubuh yang memiliki fungsi mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi.

Ketika jumlah asam urat yang seharusnya dikeluarkan melalui urin terlalu banyak, akhirnya terjadi peradangan yang dapat menumpuk dan membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya.

Untuk dapat mengenali penyakit ini, berikut 5 fakta yang harus Anda ketahui mengenai asam urat:

1. Sakit di berbagai area tubuh

Jempol kaki yang sakit dan bengkak bisa menjadi tanda pertama masalah asam urat. Selain itu, nyeri bisa hadir di area tubuh lain seperti punggung kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Ketika zat yang dikenal sebagai purin rusak, maka menghasilkan asam urat. Biasanya asam urat larut dalam darah, berjalan melalui ginjal dan keluar dari tubuh melalui urin.

2. Harus ditanggapi dengan serius

Jika Anda mengalami nyeri sendi yang tiba-tiba dan intens, maka itu kemungkinan asam urat. Rasa sakit bisa datang sementara, namun juga bisa berlanjut hingga beberapa minggu dengan sendi yang terkena menjadi bengkak dan merah.

Kristal dapat terbentuk di ginjal dan menyebabkan batu ginjal, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan gagal ginjal kronis.

3. Wanita tidak kebal pada asam urat

9 dari 10 orang dengan asam urat memang terjadi pada pria yang lebih tua dari 40 tahun. Namun hal ini tak menutup kemungkinan bahwa wanita juga bisa menderita asam urat.

Wanita biasanya menjadi terpengaruh di tahun-tahun berikutnya ketika kadar estrogen mereka menurun. Estrogen, hormon wanita, membantu mendukung fungsi ginjal dan kemampuan ginjal untuk memproses asam urat. Lebih sedikit estrogen berarti lebih banyak asam urat.

4. Tidak minum alkohol juga bisa terkena asam urat

Alkohol dapat menyebabkan asam urat, tetapi mereka yang tidak minum alkohol juga dapat menderita hal yang sama.

Minuman manis dan obesitas diketahui sebagai faktor risiko asam urat, seperti juga hipertensi yang tidak diobati, diabetes, dan riwayat asam urat dalam keluarga.

5. Ada beragam penanganan asam urat

Untuk mendiagnosis asam urat, dokter mengeluarkan cairan dari persendian dan melihatnya di bawah mikroskop untuk melihat apakah mengandung kristal asam urat.

Kadar asam urat juga dapat dievaluasi dalam urin dan darah. Setelah diagnosis dikonfirmasi, dokter biasanya meresepkan obat, seperti obat antiinflamasi nonsteroid, untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang merupakan ciri serangan akut.

Perawatan jangka panjang untuk mencegahnya adalah dengan penggunaan obat untuk memblokir produksi asam urat, seperti allopurinol (xanthine oxidase inhibitor).

Jenis obat yang diresepkan tergantung pada gejala Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan dan efek samping yang akan terjadi pada Anda.

 Tips Diet Asam Urat

1. Beberapa daging dan ikan memiliki kadar purin yang sangat tinggi (misalnya hati dan ikan haring). Purin juga ditemukan di semua daging sapi, unggas, dan ikan, itulah sebabnya yang terbaik adalah membatasi konsumsi makanan tersebut hingga 4 hingga 6 ons setiap hari.

2. Berhenti minum semua alkohol. Jika Anda tidak mengalami gejala, hindari bir dan batasi diri hingga 5 hingga 10 ons anggur setiap hari.

3. Fruktosa meningkatkan kadar asam urat, jadi hindari makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, termasuk soda manis dan permen.

4. Tingkat karbohidrat yang tidak memadai dapat menyebabkan ketosis (suatu kondisi di mana keton meningkat), yang meningkatkan kadar asam urat. Jadi nikmati karbohidrat kompleks yang banyak ditemukan pada roti gandum dan buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asam urat penyakit Gejala Penyakit
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top