Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Asam Urat

Asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di persendian Anda, sehingga menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat akibat serangan asam urat.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  17:10 WIB
Asam urat
Asam urat

Bisnis.com, JAKARTA—Asam urat bisa dalam bentuk serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri tekan pada satu atau lebih sendi, paling sering di jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Mengutip dari Mayo Clinic, sendi yang terkena terasa panas, bengkak dan begitu lembut bahkan berat sprei di atasnya tampak tidak tertahankan.

Gejala Asam Urat

Tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba, dan seringkali pada malam hari. Gejala tersebut adalah:

1.  Nyeri sendi yang intens

Asam urat biasanya mempengaruhi jempol kaki, tetapi dapat terjadi pada sendi manapun. Sendi lain yang sering terkena termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakitnya paling parah dalam empat hingga 12 jam pertama setelah dimulai.

2.  Ketidaknyamanan yang berkepanjangan

Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan selanjutnya cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak persendian.

3.  Peradangan dan kemerahan

Sendi atau persendian yang terkena menjadi bengkak, nyeri, hangat dan merah.

4.  Rentang gerak terbatas

Saat asam urat berlanjut, Anda tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Penyebab

Asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di persendian Anda, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat akibat serangan asam urat. Kristal urat dapat terbentuk ketika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda. Tubuh Anda menghasilkan asam urat ketika memecah purin, zat yang ditemukan secara alami di tubuh Anda.

Purin juga ditemukan dalam makanan tertentu, termasuk daging merah dan jeroan, seperti hati. Makanan laut yang kaya purin termasuk ikan teri, sarden, remis, scallop, trout, dan tuna. Minuman beralkohol, terutama bir, dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan kadar asam urat.

Biasanya, asam urat larut dalam darah Anda dan melewati ginjal Anda ke dalam urin. Tetapi terkadang tubuh Anda menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat asam urat nyeri sendi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top