Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Manfaat dan Khasiat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

Lengkuas telah lama menjadi obat populer untuk mual, seperti mual yang mabuk perjalanan, dan mabuk laut.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  05:00 WIB
Ini 10 Manfaat dan Khasiat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh
Lengkuas memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. - Klikdokter

Bisnis.com, JAKARTA - Lengkuas merupakan rempah-rempah asli dari Asia dan tanaman ini berkaitan erat dengan jahe dan kunyit sebagai bahan dari bumbu masakan dan obat tradisional penduduk Asia selama berabad-abad.

Dalam beberapa masakan yang sudah populer di China, Indonesia, Malaysia dan Thailand, lengkuas menjadi bahan baku dari bumbu masakan negara-negara tersebut.

Dilansir Healthline pada Selasa (12/7/2022), rempah-rempah ini juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, seperti infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria hingga melawan berbagai jenis kanker.

Simak 10 manfaat dari lengkuas bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya Akan Antioksidan

Lengkuas memiliki kandungan yang kaya antioksidan, rempah-rempah ini merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas yang merusak kesehatan.

Dalam kandungan lengkuas juga sangat kaya akan polifenol, yang merupakan sekelompok antioksidan untuk seperti meningkatkan memori, menurunkan gula darah dan kadar kolesterol LDL.

2. Dapat Melindungi dari Kanker Tertentu

Studi tabung menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam lengkuas, yang dikenal sebagai galangin dapat membunuh sel kanker atau mencegah penyebarannya.

Lebih khusus, dalam sebuah studi kasus tentang lengkuas ini memiliki kemampuan untuk membunuh dua jenis sel kanker di usus besar manusia, melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit dan hati .

3. Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria

Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah sperma dan motilitas meningkat pada tikus yang diberi ekstrak akar lengkuas. Selain itu, dalam penelitian tiga bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, mengonsumsi suplemen harian yang mengandung lengkuas dan ekstrak buah delima menghasilkan peningkatan 62 persen dalam motilitas sperma

Namun, kejelasan dalam apa yang menjadi faktor terbesar peningkatan ini masih belum jelas, apakah efeknya disebabkan oleh akar lengkuas atau ekstrak buah delima. Maka dari itu perlu dilakukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menentukan efek akar lengkuas pada kesuburan pria.

4. Dapat Melawan Peradangan dan Rasa Sakit

Lengkuas dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit dan rasa sakit, karena mengandung HMP, fitokimia alami yang menurut beberapa penelitian dan lengkuas ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

5. Dapat Melindungi dari Bahaya Makanan Tertentu

Minyak atsiri yang diekstrak dari lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Dengan demikian, lengkuas ini dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu. Selain itu, menambahkan akar lengkuas segar ke dalam resep Anda dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, dilansir Conserve Energy Future pada Selasa (12/7/2022), lengkuas memberikan jumlah Vitamin C yang baik dan lebih dari selusin antioksidan termasuk alpine dan galangin, menjadikannya penambah kekebalan bagi tubuh seseorang.

7. Anti Mikroba Alami

Studi menunjukkan bahwa minyak atsiri yang berasal dari lengkuas kering dan segar dapat menghambat bakteri, ragi, jamur, dan parasit. Penelitian tabung juga menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, seperti bakteri E. coli, Staphyloccocus aureus dan Salmonella Typhi dengan efektivitasnya yang bervariasi antar penelitian.

8. Lengkuas Baik Untuk Kulit

Kita tahu bahwa antioksidan mendukung kesehatan kulit karena dalam sebuah studi in vivo yang diterbitkan dalam Costetics and Toiletries, para ilmuwan menyatakan bahwa ekstrak lengkuas akan meningkatkan produksi asam hialuronat hingga bermanfaat untuk pengurangan garis senyum, peningkatan kecerahan kulit, dan kepadatan kulit.

Lengkuas juga dapat mengatasi eksim, luka bakar, gatal, dan infeksi jamur. Dengan dosis vitamin C yang sehat, lengkuas juga membantu peremajaan kulit.

9. Dapat Membantu Mengatasi Mual

Lengkuas telah lama menjadi obat populer untuk mual, seperti mual yang mabuk perjalanan, dan mabuk laut. Selain itu, gingerol yang terdapat pada lengkuas ternyata dapat meningkatkan transportasi gastrointestinal dan mengendurkan otot agar dapat meredakan mual dan muntah.

10. Dapat Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Lengkuas telah dipercaya sebagai pengurang alami dari kadar kolesterol darah, yang berarti dengan pengaturan kolesterol ini maka Anda dapat terhindar dari setiap penyakit kronis, termasuk serangan jantung, penyakit arteri perifer, dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lengkuas rempah makanan antioksidan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top