Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 14 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan Pria dan Perempuan

Lengkuas memiliki manfaat bagi kesehatan pria, seperti meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan sistem imun tubuh bagi perempuan.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 20 Januari 2023  |  13:14 WIB
Ini 14 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan Pria dan Perempuan
Manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lengkuas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pria dan perempuan. Sekilas, lengkuas tampak mirip dengan jahe, tetapi sebenarnya 2 rempah ini memiliki rasa yang berbeda.

Lengkuas memiliki rasa pedas yang tajam, hampir seperti jeruk. Kulit lengkuas lebih halus dan lebih pucat dari jahe. Selain itu, Kandungan-kandungan di lengkuas sangat bagi bagi kesehatan:

Dilansir dari Conserve Energi Feature, simak 14 manfaat dari lengkuas bagi pria dan perempuan:

1. Melawan Peradangan

Kekuatan anti-inflamasi lengkuas terikat untuk meredakan peradangan di seluruh tubuh. Gingerol anti-inflamasi berperan dalam menghambat sintesis prostaglandin, yang membuat beberapa ahli percaya bahwa inilah yang dapat membantu pasien rematik.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa galangin, flavonol dalam lengkuas yang lebih rendah dapat menimbulkan efek anti-inflamasi dengan menghambat fosforilasi ERK dan NF-κB-p65. Peradangan adalah patogenesis umum dari banyak penyakit kronis termasuk rheumatoid arthritis, kondisi peradangan kulit, dan penyakit usus.

2. Memperkuat Sistem Imun

Lengkuas mengandung vitamin C dan antioksidan termasuk alpine dan galangin dengan jumlah yang banyak. Inilah yang menjadikan lengkuas dapat memperkuat sistem imun manusia. Terlebih lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 1′S-1′-acetoxychavicol acetate (ACA) yang diisolasi dari rimpang Alpinia lengkuas dapat menghambat replikasi HIV-1.

3. Meningkatkan jumlah sperma

Lengkuas di Timur tengah kerap digunakan sebagai afrodisiak. Masyarakat di Asia Tenggara sering menggunakan lengkuas untuk mengobati gangguan menstruasi. Sebuah penelitian tahun 2014 mengungkapkan bahwa ekstrak etanol A galanga secara signifikan dapat meningkatkan spermatogenesis tikus.

Tak hanya itu, disimpulkan pula bahwa suplemen jus delima dan akar lengkuas yang rutin dikonsumsi setiap hari sangat berkhasiat dalam meningkatkan motilitas sperma sebanyak tiga kali lipat.

4. Anti Kanker

Lengkuas juga diketahui mengandung fitokimia yang berkhasiat dalam pencegahan kanker berkat sifat antioksidan dan antikarsinogeniknya.

Galangin, flavonoid yang ditemukan dalam lengkuas, telah terbukti memerangi genotoksisitas kimia. Galangin juga dikaitkan dengan apoptosis, program penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel-sel disfungsional.

Tak hanya itu, para ilmuwan dunia juga mengatakan bahwa akar lengkuas secara efektif mampu melawan kanker lambung, kulit, pankreas, payudara, dan hati. Menurut sebuah studi tahun 2014 , ekstrak air lengkuas Alpinia memiliki efek anti-proliferasi pada tumor lambung manusia (AGS) dan garis sel L929.

5. Antimikroba

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak atsiri yang berasal dari rimpang lengkuas kering dan segar dapat menghambat pertumbuhan bakteri, ragi, jamur, dan parasit. Kemudian Terpinen-4-ol, salah satu monoterpen dalam minyak esensial lengkuas, memiliki aktivitas antimikroba terhadap Trichophyton mentagrophytes.

Lengkuas Alpinia juga dikatakan mampu menghambat spektrum jamur yang luas termasuk Aspergillus niger, Trichophyton longifusus, Colletotrichum musae, Fusarium oxysporum, dan Trichophyton rubrum.

6. Menghambat Penuaan Dini

Pada studi in vivo yang diterbitkan di Costetics and Toiletries , para ilmuwan menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat meningkatkan produksi asam hialuronat. Selain itu, para peserta penelitian juga mengatakan bahwa setelah memakai ekstrak lengkuas, mereka merasakan manfaat seperti pengurangan garis senyum, peningkatan kecerahan kulit, dan kepadatan kulit.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lengkuas tips sehat pria vitamin Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top