Buzz Aldrin saat memakai jaket astronot yang akan dilelang
Fashion

Jaket Astronot Buzz Aldrin ke Bulan Dilelang, Harga Diprediksi Rp29 Miliar

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 Juli 2022 - 07:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Astronot Buzz Aldrin, orang kedua yang mendarat di Bulan melelang harta karun barang-barang pribadi dan artefak bersejarah dari karirnya, termasuk jaket yang dia kenakan selama pendaratan di bulan.

Satu-satunya pakaian yang diterbangkan ke luar angkasa dari misi Apollo 11 itu diperkirakan akan menarik tawaran hingga US$2 juta, atau hampir Rp3 miliar, menurut rumah lelang, Sotheby's.

Terbuat dari bahan tahan api yang dikenal sebagai Beta Cloth, jaket tersebut dihiasi dengan nama Aldrin dan logo NASA. Sedangkan jaket yang dipakai Neil Armstrong dan Michael Collins sekarang disimpan di Smithsonian National Air and Space Museum di Washington, DC.

Pakaian itu adalah salah satu dari serangkaian barang yang disiapkan untuk dilelang oleh Aldrin yang berusia 92 tahun, yang pada tahun 1969 menjadi orang kedua yang pernah menginjakkan kaki di bulan.

Juga dijual saklar pemutus sirkuit modul bulan Eagle, yang rusak selama misi.

Dalam sebuah pernyataan pers, Aldrin mengatakan bahwa koleksi tersebut, yang berasal dari masanya sebagai mahasiswa di Akademi Militer Amerika Serikat, mewakili "penjumlahan karirnya sebagai astronot."

"Setelah pertimbangan mendalam, waktu yang terasa tepat untuk membagikan barang-barang ini kepada dunia, yang bagi banyak orang merupakan simbol dari momen bersejarah, tetapi bagi saya selalu menjadi kenang-kenangan pribadi dari kehidupan yang didedikasikan untuk sains dan eksplorasi," kata mantan astronot itu dilansir dari CNN. 

Penjualan, yang Sotheby's beri judul "Buzz Aldrin: Ikon Amerika," akan berlangsung pada 26 Juli, kurang dari seminggu setelah ulang tahun ke-53 pendaratan di bulan.

Kepala ilmu pengetahuan dan budaya populer rumah lelang Cassandra Hatton, menggambarkan koleksi itu sebagai "refleksi dari seorang pria dengan kekuatan dan dorongan yang luar biasa, seorang pria yang telah menghadapi masa-masa sulit dengan tekad dan ketekunan, dan yang tetap logis dan level- menuju, bahkan di saat-saat bahaya besar."

Bagian penting lainnya dari misi Apollo 11 adalah daftar periksa aktivasi sistem, yang berisi diagram dan data penerbangan, yang seharusnya dibuang Aldrin di permukaan bulan. Sotheby's memperkirakan bahwa manuskrip itu akan dijual antara $150.000 dan $250.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro