Ilustrasi vaksin cacar monyet/Istimewa
Health

Kasus Kompak Merebak, Ini Bedanya Covid-19 dan Cacar Monyet

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 28 Juli 2022 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit langka yang biasanya ditemukan di Afrika Barat dan Tengah yang kini menyebar di seluruh benua di dunia.

Meskipun wabah ini kian membesar, tetap jumlah kasusnya masih lebih tinggi Covid-19 yang sudah menjadi pandemi.

Dikutip dari University Hospitals, ada perbedaan penting yang membuat cacar monyet menjadi ancaman yang tidak separah Covid-19, yaitu:

  1. Monkeypox tidak mudah menyebar
  2. Orang yang terinfeksi lebih mudah diidentifikasi
  3. Wabah lebih mudah dikendalikan
  4. Ada dua vaksin yang efektif melawan monkeypox
  5. Tidak menularkan manusia ke manusia dengan sangat efisien
  6. Gejala cacar monyet adalah ruam kulit atau lesi yang menyebar di tubuh

Penyebaran Monkeypox dan Covid-19

Penularan monkeypox terjadi selama kontak dekat, kontak fisik berkepanjangan atau kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi. Ini juga dapat menyebar melalui tetesan pernapasan atau kontak dengan tempat tidur atau pakaian yang terkontaminasi.

Monkeypox tidak menyebar melalui udara seperti Covid-19. Tidak seperti Covid-19, monkeypox tidak menular sampai orang yang terinfeksi menjadi bergejala. Itu membuatnya lebih mudah untuk mengisolasi individu yang terinfeksi dan mencegah penyebarannya.

Masa Inkubasi Monkeypox dan Covid-19

Masa inkubasi monkeypox relatif lama, satu sampai dua minggu. Vaksin cacar atau vaksin cacar monyet yang lebih baru keluar pada tahun 2019 dapat mencegah penyakit pada seseorang yang telah terpapar atau yang berisiko terpapar, seperti pengasuh atau kontak serumah.

Fakta bahwa terdapat vaksin yang efektif adalah faktor lain yang membedakan monkeypox dari Covid-19, yang merupakan virus baru dan memerlukan pengembangan vaksin baru. Dokter mengetahui cara menangani monkeypox karena sangat erat kaitannya dengan cacar.

Seberapa Parah Infeksi Monkeypox

Kebanyakan orang akan memiliki infeksi yang relatif kecil. Strain dari Afrika Barat yang menyebar memiliki tingkat kematian kurang dari 1%. Tampaknya akan sangat berbeda di negara maju di mana perawatan medisnya lebih baik.

Ketika monkeypox menyebar ke benua lain, itu selalu jenis Afrika Barat. Ada strain lain dari Afrika Tengah yang lebih parah. Strain itu tidak terlibat dalam wabah saat ini di Amerika Utara, Eropa dan Australia.

Tidak ada pengobatan khusus yang diperlukan untuk kebanyakan orang, tetapi vaksin dan obat antivirus yang dikembangkan untuk cacar biasa efektif melawan monkeypox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro