Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Diwarnai

Rambut yang diwarnai bisa mudah rusak, bila tidak melakukan cara keramas dengan tepat. Simak cara menjaga dan merawat warna rambut.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  18:13 WIB
7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Diwarnai
Rambut diwarnai - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rambut adalah mahkota. Menjaga serta merawatnya menjadi aktivitas yang perlu diperhatikan. Untuk semakin mempercantik keberadaanya,  diperlukan perawatan khusus.

Dengan beberapa penyesuaian pada rutinitas perawatan rambut Anda, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda serta mempertahankan warna rambut Anda agar tetap cantik dan cerah. 

Namun nyatanya, menjaga warna rambut agar terlihat tetap segar dan menakjubkan tidaklah selalu mudah. Berbagai permasalahan rambut seperti akar yang pudar hingga ujung yang tampak kusam jelas dapat mengganggu penampilan. Berikut adalah tujuh kebiasaan rambut sehat yang perlu Anda terapkan jika Anda ingin mempertahankan warna rambut Anda.

Cara merawat rambut yang diwarnai

1. Hindari Penggunaan Sulfat

Penggunaan Sulfat tidak direkomendasikan bagi Anda yang sempat mewarnai rambut. Sampo yang mengandung bahan sulfat bisa bekerja terlalu agresif pada rambut berwarna dan dapat menyebabkan warna memudar lebih cepat dari biasanya. Sebagai gantinya, pilihlah sampo dan kondisioner bebas sulfat yang dapat membersihkan helai rambut Anda tanpa menghilangkan warna Anda.

2. Turunkan Suhu Air Saat Keramas

Percaya atau tidak, semakin panas suhu air yang digunakan untuk membasuh rambut akan mempengaruhi tampilan warna rambut Anda. Panas dapat menyebabkan kutikula rambut membengkak dan terbuka, yang dapat menyebabkan molekul warna di rambut membilas saluran pembuangan. 

Hal ini perlu untuk diperhatikan bagi mereka yang mewarnai rambut mereka menjadi merah,  karena pewarna tersebut cenderung memiliki molekul yang lebih besar daripada yang lain. Memiliki molekul yang lebih besar pada dasarnya berarti menjadikannya memiliki risiko memudar yang lebih tinggi. 

3. Kurangi Penggunaan Alat Pengering Rambut

Ganti rutinitas penataan rambut Anda dengan melongkap penggunaan alat pengering rambut dan membiarkan helai rambut Anda kering secara alami. Dengan menghindari panas berlebih, Anda kehilangan risiko membuka kutikula tersebut dan membiarkan molekul warna tersebut memudar.

4. Keringkan Rambut dengan Benar

Jika Anda perlu menggunakan pengering rambut sepanjang minggu untuk menata helai rambut Anda, pastikan melakukannya dengan benar. Pertama, siapkan helai rambut Anda dengan primer rambut multi-tugas yang akan membantu mengurai helai basah dan menambahkan lapisan pelindung panas ke rambut Anda. 

5. Gunakan Kondisioner

Tidak ada yang membuat rambut Anda terlihat terbaik seperti kondisioner. Dengan menggunakan masker rambut seminggu sekali, Anda dapat menjaga helai rambut Anda tetap lembab dan warna rambut Anda terlihat cerah. 

Hendak mengatasi rambut rusak? Pilih masker rambut penguat yang dibuat dengan minyak zaitun yang akan memperkuat rambut Anda dan menghidupkannya kembali. Carilah masker dengan bahan-bahan seperti keravis, ceramide dan arginine yang mampu membantu menyembuhkan dan memperbaiki rambut rusak.

Perawatan bulanan rambut yang diwarnai

6. Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Apakah Anda merupakan tipikal orang yang kerap berada di luar ruangan? Jika ya, penting untuk mengetahui hal ini, terlalu banyak terkena sinar matahari dapat menyebabkan rambut Anda menjadi pudar. Jika Anda akan menghabiskan waktu di luar ruangan, pastikan untuk mengenakan topi agar warna rambut Anda tetap tertutup.

7. Kurangi Penggunaan Hair Spray

Salah satu alasan utama mengapa warna rambut kita bisa terlihat kusam atau tidak berkilau adalah karena penumpukan penggunaan hair spray berlebih. Karena hal tersebut dapat membuat rambut kita tahan untuk menahan molekul warna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut perawatan rambut tren rambut
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top