Ilustrasi serangan jantung
Health

Manfaat Safron untuk Kesehatan dan Kecantikan

Widya Islamiati
Jumat, 12 Agustus 2022 - 20:07
Bagikan

Manfaat untuk kesehatan

Mengurangi Gejala PMS

Salah satu manfaat yang dimiliki saffron adalah membantu mengurangi gejala PMS. Penelitian pada wanita yang berusia 20 dan 45 tahun menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi safron 30ml setiap harinya memiliki gejala yang lebih deikit dibandingkan degan yang tidak mengonsumsi saffron.

Bagi perempuan, gejala PMS atau Pramenstruasi Sindrom adalah hal yang lumrah dialami. Meskipun demikian, gejala menimbulkan rasa tidak enak juga rasa sakit di area sekitar perut serta berbagai gejala psikologis lainnya.

Penelitian lain menyebutkan, wanita yang hanya mencium saffron selama 20 menit memiliki kadar hormone stress kortisol lebih rendah yang dapat membantu mengurangi gejala PMS.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan. Ada banyak cara herbal untuk mencegah penyakit ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh saffron. Beberapa penelitian lama menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam the saffron dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Meningkatkan Mood dan Pengobatan Depresi

Safron juga dikenal sebagai rempah yang dapat meningkatkan suasana hati. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi saffron sebanyak 30 ml setiap hari memiliki khasiat yang sama dengan mengonsumsi obat depresi ringan hingga sedang, seperi imipramine dan flupxetine.

Melawan Kerusakan Oksidatif yang Sebabkan Kanker

Penelitian pad atahun 2015 menyebutkan bahwa saffron mengandung senyawa crocin yang dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang dapat sebabkan kanker. Senyawa ini juga yang menyebabkan saffron berwarna merah serta memiliki efek antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan, mengurangi peradangan dan mengurangi nafsu makan.

Tidak heran jika saffron direkomendasikan untuk diminum oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

Meningkatkan Libido

Penelitian yang melibatkan pria dengan masalah infertilitas menunjukkan bahwa saffron memiliki efek positif pada disfungsi ereksi serta berpengaruh pada dorongan seks. Sama halnya pada wanita, penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi saffron sebanyak 30ml setiap hari selama 4 minggu dapat juga meningkatkan dorongan seksual serta pelumasan daerah intim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro