Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Mencabut Gigi

Berikut hal-hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mencabut gigi agar tidak ada efek samping.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  11:50 WIB
Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Mencabut Gigi
Ilustrasi gigi berlubang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda memiliki gigi yang patah atau rusak karena kerusakan gigi, dokter gigi terlebih dahulu akan mencoba memperbaikinya dengan penambalan mahkota atau beberapa pilihan perawatan lainnya.

Terkadang, melansir 247emergencydentalclinic, kondisi kerusakan gigi tidak bisa diperbaiki. Dalam keadaan seperti itu,

satu-satunya pilihan perawatan yang disarankan adalah pencabutan gigi.

Pencabutan gigi hanya disarankan jika benar-benar diperlukan.

Adapun, berikut hal-hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mencabut gigi.

1. Tidak Berbahaya

Banyak orang memiliki kesalahpahaman bahwa pencabutan gigi berbahaya dan dapat memperburuk komplikasi gigi. Dokter gigi menggunakan anestesi lokal dan alat canggih yang membuat prosedur ini bebas rasa sakit dan cepat. Pencabutan gigi adalah pilihan terbaik untuk menyingkirkan gigi yang membusuk dan terinfeksi serta melindungi gusi dari infeksi lebih lanjut.

2. Diperlukan Persiapan

Ahli bedah gigi akan memerlukan sinar-X pada area yang terkena untuk memutuskan dan menganalisis cara mencabut gigi yang terinfeksi. Anda perlu memberikan rincian riwayat kesehatan Anda dan obat-obatan yang Anda minum jika ada. Jika gigi yang terinfeksi adalah gigi bungsu Anda, rontgen panoramik diperlukan.

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut yang baik sangat penting sebelum pencabutan gigi. Sikat gigi dengan lembut pada malam sebelum operasi dan pada hari pencabutan. Jangan mengutak-atik area bedah. Anda juga dapat berkumur dengan obat kumur atau air asin 24 jam setelah operasi jika perdarahan berkurang. Ini dapat dilakukan setidaknya 2-3 kali sehari setelah makan.

4. Hindari Merokok

Rokok mengandung nikotin dan lebih dari 5000 bahan kimia lain yang merusak kesehatan mulut Anda. Mereka juga mengandung sifat pewarnaan gigi. Merokok meningkatkan risiko infeksi dan kerusakan gigi. Merokok harus dihindari sebelum operasi pencabutan gigi dan setidaknya selama seminggu setelah gigi dicabut.

5. Merawat Pembengkakan

Wajar jika Anda akan merasakan ketidaknyamanan setelah operasi. Anda harus mengoleskan kompres es secara eksternal dengan interval setiap 20 menit setelah operasi dilakukan untuk mengurangi memar dan pembengkakan. Jika rasa sakitnya terlalu banyak sebelum pencabutan, dokter gigi Anda mungkin juga menyarankan Anda untuk menggunakan kapas yang hangat dan lembab daripada es pada gigi yang terinfeksi.

6. Merawat Pendarahan

Setelah operasi, mungkin Anda akan mengalami pendarahan. Dokter gigi akan menyarankan Anda untuk menyimpan kain kasa di atas area bedah setidaknya selama setengah jam. Pilihan alternatif dapat menggunakan kantong teh basah di atas area nyeri selama setengah jam. Ini bermanfaat karena teh memiliki asam tanat yang menyentuh pembuluh darah yang berdarah, membantu pembekuan darah yang terbentuk di sekitar area yang diekstraksi.

Jika Anda mengalami patah gigi atau berjuang melawan kerusakan gigi, Anda perlu membuat janji di Klinik Perawatan Gigi Darurat dan mengatasi masalah gigi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi sikat gigi dokter gigi Sakit Gigi kesehatan gigi gigit kuku
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top