Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan yang Dianjurkan

Saat hujan turun merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Berikut ini kumpulan doa ketika hujan turun yang bisa dilantunkan.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  17:16 WIB
Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan yang Dianjurkan
Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan yang Dianjurkan (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Islam, doa ketika turun hujan memiliki banyak keutamaan. Maka dari itu, saat hujan turun dianjurkan untuk memanjatkan doa.

Berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW, saat hujan turun merupakan salah satu waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Dengan demikian, apapun yang diutarakan Insyaallah akan mudah dikabulkan.

Lantas, apa saja doa hujan yang bisa dilantunkan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan

Sebenarnya berdoa bisa menggunakan bahasa apa saja. Namun, jika ingin membaca doa turut hujan yang lebih afdhol, berikut beberapa lafadz doa ketika hujan yang perlu diketahui.

  • Doa saat hujan turun

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”(HR. Bukhari)

  • Doa saat hujan turun dengan lebat

Ketika hujan lebar, alangkah baiknya jika berdoa meminta kebaikan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut lafadz doa yang bisa diucapkan.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

  • Doa ketika turun hujan dan angin kencang

Saat hujan turun dibarengi dengan angin kencang, biasanya banyak diantara kita yang merasa ketakutan. Agar terlindungi dari bahaya yang mengancam, berikut doa yang bisa dilantunkan.

اَاللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.” (HR. Muslim).

  • Doa saat hujan dan petir

Selain angin, petir juga menjadi fenomena alam yang menyeramkan. Bahkan, terkadang ada orang yang phobia dengan petir.

Jika Anda merasa ketakutan saat hujan disertai petir, berikut doa turun hujan yang bisa dibaca.

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

“Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Amalan Saat Hujan Turun

Selain melantunkan doa ketika turun hujan, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan amalan lain yang bernilai ibadah. Mengutip dari situs muslim.or.id, berikut beberapa amalan shalih saat hujan turun.

1. Bersyukur

Hujan merupakan rahmat Allah yang diberikan kepada seluruh penduduk bumi. Lewat hujan, kita bisa mendapatkan air yang bisa dimanfaatkan untuk segala lini kehidupan.

Maka dari itu, saat hujan turun kita dianjurkan untuk bersyukur atas nikmat tersebut. hal ini tertuang dalam hadits Nabi yang artinya;

”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”

2. Memanjatkan doa ketika turun hujan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa saat hujan termasuk waktu mustajab untuk berdoa. Maka dari itu, segeralah untuk berdoa saat hujan turun agar bisa mendapatkan keberkahan dan keinginan bisa terkabul.

3. Dilarang mencela hujan

Apakah Anda masih sering mencela hujan karena dianggap mengganggu aktivitas? Sebaiknya perbuatan tersebut tidak dilakukan lagi.

Pasalnya, mencela hujan ternyata perbuatan yang tidak baik. Pasalnya, hujan merupakan rahmat dan sebagai hamba Allah, kita diharuskan untuk mensyukuri nikmat tersebut. Ada banyak kebaikan dibalik turunnya hujan. Oleh sebab itu, kita dilarang mencela hujan.

Itulah penjelasan ringkas seputar doa ketika turun hujan dan beberapa amalan shalih yang bisa dilakukan saat hujan turun. Semoga bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan untuk kita semua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa hujan islam
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top