Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Masuk Rumah dalam Islam yang Penting untuk Diamalkan

Doa masuk rumah dapat bernilai ibadah. Selain berdoa, ada juga adab masuk rumah sesuai dengan penjelasan Al-Quran dan hadist. Berikut penjelasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  12:31 WIB
Doa Masuk Rumah dalam Islam yang Penting untuk Diamalkan
Doa Masuk Rumah dalam Islam yang Penting untuk Diamalkan (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah bukan hanya tempat tinggal semata. Rumah menjadi bagian dalam hidup seseorang yang berharga dan penuh makna. Maka dari itu, dalam Islam sebelum masuk rumah kita dianjurkan untuk membaca doa masuk rumah terlebih dahulu.

Lantas, apa doa yang biasa dibacakan sebelum masuk ke rumah? Dan bagaimana adab masuk rumah menurut Islam? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Doa Masuk Rumah dan Artinya

Dalam Islam, doa sebelum masuk rumah sudah ada pedomannya. Mengutip dari buku Kumpulan Do’a Sehari-hari, berikut doa masuk rumah latin dan artinya.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Assalaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa.

Artinya: “Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hambaNya yang shalih. Ya Allah, bahwasanya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk, dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri. Segala puji bagi Allah yang telah melindungi kami”. (HR. Abu Daud).

Jika melihat terjemahan dari doa di atas, kita bisa memahami bahwa doa masuk rumah berisi permohonan seorang hamba kepada Tuhannya agar senantiasa diberikan keselamatan. Tak hanya itu, lewat doa tersebut juga kita sebagai manusia berserah diri kepada Allah serta meminta perlindungan kepada-Nya.

Adab Masuk ke Rumah dalam Islam

Agama Islam sangat menjunjung tinggi etika dan sopan santun. Hal tersebut juga berlaku saat seseorang memasuki rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain. Menurut penjelasan di almanhaj.or.id, berikut adab masuk ke rumah dalam Islam.

1. Membaca doa masuk rumah

Membaca doa merupakan salah satu adab memasuki rumah. Dengan membaca doa, berarti kita bertawakal kepada Allah SWT. Tak hanya itu, dengan berdoa maka harapannya kita bisa mendapatkan perlindungan Allah SWT dari segala bentuk ancaman bahaya.

2. Memberikan salam kepada penghuni

Selain membaca doa masuk rumah, adab masuk rumah lainnya yaitu memberi salam. Hal ini tertuang dalam Al-Quran Surat An-Nuur atau 61. Berikut bunyi ayatnya.

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” [An-Nur/24: 61]

3. Bersiwak terlebih dahulu sebelum masuk rumah

Bersiwak atau membersihkan gigi tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun ternyata termasuk adab masuk rumah terutama saat bertamu. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim. Berikut bunyi hadistnya.

كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ بَيْتَهُ بَدَأَ بِالسِّوَاكِ.

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila masuk ke rumahnya memulai dengan bersiwak.” [HR. Muslim no. 253 (44)]

Itulah penjelasan seputar doa masuk rumah lengkap dengan artinya yang perlu diamalkan. Selain membaca doa, ada juga adab masuk rumah yang sesuai dengan pedoman Al-Quran dan hadist. Dengan membaca doa dan menerapkan adab sesuai syariat Islam, harapannya kita bisa mendapatkan ridho Allah dan terhitung sebagai ibadah yang bernilai pahala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top