Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pernah Rasakan Sakit Kepala Saat Lapar? Ini Penyebab dan Cara Obatinya

Sakit kepala saat lapar dapat terjadi karena gula darah mulai turun lebih rendah daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala juga migrain.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  20:20 WIB
Pernah Rasakan Sakit Kepala Saat Lapar? Ini Penyebab dan Cara Obatinya
Ilustrasi sakit kepala karena kelaparan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernah merasakan sakit kepala saat telat makan? Hal ini dirasakan beberapa orang dan hanya berupa nyeri yang bersifat ringan juga sementara. Meskipun demikian, rasa sakit yang ditimbulkan cukup mengganggu dan tidak nyaman.

Berikut ini hal-hal yang menyebabkan sakit kepala karena kelaparan versi healthline.

Sakit kepala saat lapar dapat terjadi karena gula darah mulai turun lebih rendah daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala juga migrain.

Selain itu, kekurangan makanan dan minuman juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala ketika lapar. Biasanya sakit kepala karena lapar disebabkan oleh hal-hal berikut:

●  Dehidrasi

Kekurangan cairan bisa jadi salah satu sebab sakit kepala saat lapar. Hal ini karena lapisan tipis jaringan di otak akan mengencang dan menekan reseptor rasa sakit. Selain itu, sakit kepala karena mabuk juga bisa disebabkan oleh dehidrasi.

●  Kekurangan kafein

Jika terbiasa mengkonsumsi kafein setiap hari hingga tiga atau empat gelas per hari, tubuh akan bereaksi jika dalam beberapa waktu tidak mengkonsumsi kafein. Pembuluh darah dalam otak akan membesar serta meningkatkan aliran darah yang mengalir ke otak lalu sebabkan sakit kepala. Hal ini dikarenakan kafein merupakan stimulan yang dapat menjadi kebiasaan.

● Kekurangan kalori

Saat sedang kelaparan, tubuh berarti sedang kekurangan asupan makanan, terutama kalori. Kalori dalam makanan adalah ukuran energi yang dapat menjadi bahan bakar. Jika kekurangan kalori, kadar gula darah akan turun dan menyebabkan pelepasan hormon yang memberi sinyal bahwa tubuh butuhkan asupan makanan.

Hormon ini juga dapat sebabkan peningkatan tekanan darah dan mengencangkan pembuluh darah yang dapat memicu sakit kepala.

Bagaimana cara mengobati sakit kepala karena lapar?

Cara penanganan sakit kepala karena lapar relatif mudah, yaitu dengan makan dan minum yang cukup. Namun jika tubuh membutuhkan asupan kafein, bisa diatasi dengan mengonsumsi secangkir kopi. Untuk orang yang tidak mengonsumsi kopi, teh dan coklat hitam dapat membantu.

Selain itu, sakit kepala karena kelaparan yang dialami adalah sakit kepala karena migrain,    bisa diobati dengan mengonsumsi obat migrain. Obat migrain yang disebabkan karena lapar memang tidak cukup hanya dengan makan ataupun minum yang cukup, tetapi harus dibarengi dengan mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen juga acetaminophen.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sakit kepala obat perut lapar
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top