Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Ciri-Ciri Ekstrovert, Si Ramah yang Punyai Circle Luas

Seorang ekstrovert cenderung suka berteman, hangat, aktif, positif serta senang keramaian. Bisa juga dianggapp social butterfly.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  14:18 WIB
Kenali Ciri-Ciri Ekstrovert, Si Ramah yang Punyai Circle Luas
Tertawa - boldsky.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernah merasa sangat bersemangat dan penuh energi saat sedang berada di tengah keramaian? Bisa jadi itu adalah tanda seorang ekstrovert. Kepribadian jenis ini digambarkan sebagai seorang yang senang berinteraksi dan menarik perhatian.

Kepribadian yang berlawanan dari ekstrovert adalah introvert. Seorang introvert identik dengan sifat pendiam, dan akan mengisi energi beberapa waktu dengan menyendiri setelah berinteraksi dengan orang banyak.

Berikut ini  arti dari ekstrovert beserta ciri-cirinya berdasarkan healthline dan verywellmind.

Pada sekitar tahun 1960-an, seorang psikolog bernama Carl Jung pertama kali menggambarkan ekstrovert dan introvert pada saat membahas tentang kepribadian. Menurutnya, dua kepribadian ini adalah cara bagaimana seseorang mendapatkan energi dari sumbernya.

Lalu apa arti dari ekstrovert?

Seorang ekstrovert cenderung suka berteman, hangat, aktif, positif serta senang keramaian. Selain itu jenis kepribadian ini juga sering dikaitkan dengan kemampuan bergaul yang cukup mahir, memiliki antusiasme yang cukup tinggi, ramah dan banyak berbicara.

Namun, sayangnya banyak orang yang menganggap, seorang ekstrovert adalah orang yang pandai cari perhatian.

Lalu bagaimana ciri-ciri seorang ekstrovert?

Umumnya seorang ekstrovert akan memiliki karakteristik berikut ini:

●     Suka berbicara

Seorang ektrovert bahkan senang memulai percakapan dengan orang asing sekalipun, bukan hanya dengan teman, keluarga atau kerabat dan rekan kerja saja. Ketika berada dalam taksi misalnya, seorang ekstrovert tidak akan ragu untuk berbincang lebih banyak dengan pengemudi.

Hal ini karena seorang ekstrovert senang mengeksplorasi dan mengatur ide dan pikiran mereka dengan cara berbincang dengan orang lain. Bahkan tentang kehidupan pribadinay sekalipun.

●     Punyai lingkungan pertemanan yang cukup luas

Dikarenakan seorang ekstrovert pandai memulai pembicaraan dengan orang lain, bahkan dengan orang yang tidak dikenal sekalipun. Hal ini memudahkan seorang ekstrovert memiliki banyak teman.

●     Menyukai keramaian

Seorang ekstrovert akan merasa interaksi sosial adalah hal yang menyenangkan. Mereka malah akan mendapatkan energi keramaian dan justru merasa tidak semangat dan tidak punyai energi saat sedang sendiri.

●     Senang berdiskusi ketika temui masalah

Seorang ekstrovert akan lebih memilih mendiskusikan jalan keluar permasalahan ketika dia menemui masalah, daripada memikirkannya sendirian dan berlarut-larut. Bagi ekstrovert, membicarakan masalah dan meminta pendapat orang lain adalah hal yang baik, karena ekstrovert bahkan menganggap bercerita atau berdiskusi bisa menghilangkan stres.

●     Sangat terbuka

Karena merupakan pribadi yang senang berdiskusi, maka seorang ekstrovert juga cenderung sangat terbuka dengan orang lain. Maka tidak heran jika seorang ekstrovert akan dianggap ramah dan mudah dikenal.

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kepribadian manusia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top