Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bacaan Ayat Seribu Dinar Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Ayat seribu dinar merupakan salah satu doa untuk meminta kemudahan dalam mencari rezeki. Simak bacaan ayat seribu dinar lengkap.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 24 Agustus 2022  |  04:45 WIB
Bacaan Ayat Seribu Dinar Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya
Ayat Seribu Dinar Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkan Anda mendengar istilah ayat seribu dinar? Ayat ini sebenarnya berasal dari surat di dalam kitab suci Al-Quran. Tafsir dan implementasi ayat tersebut sudah banyak dilakukan oleh ulama termasyhur.

Lantas, apa yang dimaksud dengan ayat seribu dinar? Berikut ini penjelasan lebih lengkap seputar ayat Al-Quran ini yang perlu untuk dipahami.

Mengenal Ayat Seribu Dinar dan Artinya

Menurut penjelasan di Jurnal Studi Islam 15(1), ayat seribu dinar adalah bagian akhir dari ayat dua dan tiga dalam surat At-Thalaq. Disebut sebagai ayat seribu dinar karena konon ayat ini dapat mempermudah seseorang dalam mencari rezeki.

Adapun bunyi ayat seribu dinar latin dan Arab, seperti berikut.

 

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Wa may yattqillaha yaj’al lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal ‘alaihi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli syai’ing qadra.”

Artinya: Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-Nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Talaq: 2-3).

Keutamaan Ayat Seribu Dinar

Sama halnya dengan ayat Al-Quran lainnya, Surat At-Talaq ayat 2-3 juga memiliki berapa keutamaan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mengajarkan arti penting bertakwa kepada Allah SWT

Bertakwa kepada Allah SWT berarti menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dalam menunaikan perintah Allah harus dilakukan secara ikhlas agar mendapatkan ridha dari Allah.

Jika Allah ridha dengan apa yang kita lakukan, maka segala urusan pun akan lebih mudah dijalani. Sementara itu, dengan meninggalkan larangan Allah, harapannya kita bisa terhindar dari murka Allah.

2. Mendapatkan jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi

Keutamaan lain dari ayat seribu dinar yaitu bisa memberikan jalan keluar atas masalah yang mungkin sedang dihadapi. Ketika kita bertakwa kepada Allah, maka Allah akan mempermudah urusan kita. Hal tersebut juga berlaku saat kita sedang ada masalah.

3. Mendapatkan rezeki dari jalan yang tidak disangka

Ketakwaan kepada Allah bisa menjadi jalan pembuka rezeki dari jalan yang tidak terduga. Allah bisa saja memberikan kita rezeki dari hal-hal yang tidak pernah terpikirkan. Maka dari itu, bertakwalah kepada Allah agar mendapatkan ridha dan kemudahan dalam menjalani hidup, termasuk dalam hal rezeki.

Kapan Waktu yang Cocok untuk Membaca Ayat Seribu Dinar?

Memilih waktu yang tepat untuk berdoa menjadi salah satu cara agar doa lebih cepat dikabulkan. Sebagai bagian doa ayat seribu dinar bisa dibacakan pada waktu-waktu, berikut ini.  

1. Selepas sholat wajib

Setelah menunaikan kewajiban sholat lima waktu, Anda bisa membaca ayat seribu dinar. Dengan demikian, kita akan mendapatkan energi positif dan semangat untuk melanjutkan aktivitas setelah sholat.

2. Setelah sholat sunah tahajud

Sepertiga malam menjadi salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Hal ini juga berlaku pada pembacaan ayat seribu dinar. Maka dari itu, setelah sholat tahajud jangan lupa untuk membaca ayat tersebut.

3. Sebelum bekerja

Sebelum berangkat kerja, selain membaca doa keluar rumah, Anda juga bisa membaca ayat seribu dinar. Tujuannya agar Allah memberikan kemudahan dan keberkahan saat kita bekerja.

Itulah bacaan ayat seribu dinar yang bisa anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari, beserta keutamaannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kumpulan doa doa Seribu Dinar islam
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top