Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Doa Minum Air Zam Zam dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Doa minum air zam zam bisa meningkatkan keberkahan dari sumber mata air bersejarah itu. Selain itu, minum air ini juga memberikan manfaat bagi tubuh.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  08:33 WIB
Doa Minum Air Zam Zam dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Doa Minum Air Zam Zam dan Manfaatnya untuk Kesehatan (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air zam zam merupakan sumber mata air yang bersejarah bagi umat Islam. Meminum air ini memiliki banyak keutamaan. Untuk melengkapi kebaikan tersebut, maka kita dianjurkan membaca doa minum air zam zam saat meminum air tersebut. 

Lalu, doa apa yang dapat dibaca saat minum air zam zam? Yuk simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya. 

Doa Minum Air Zam-Zam

Air zam-zam merupakan air yang istimewa karena memiliki kegunaan atau manfaat yang sangat beragam.

Sebagai umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan air zam-zam ini. Selain memiliki nilai sejarah dan keutamaan dalam Islam, membaca doa sebelum minum air zam zam juga memiliki nilai ibadah. 

Menurut keterangan di jatim.nu.or.id, berikut bacaan doa minum air zam zam dan artinya. 


عَنْ عِكْرِمَةَ , قَالَ كَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ " إِذَا شَرِبَ مِنْ زَمْزَمَ , قَالَ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Artinya: Dari Ikrimah. dia berkata. Ibnu Abbas ketika minum air Zamzam pernah berdoa:
Allahumma inni as’aluka ilman nafi’a wa rizqan wasi’a wa syifaan min kulli da’in, Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit (Sunan Daruqutni, 2712)

Manfaat Air Zam Zam Bagi Tubuh

Selain memiliki keutamaan dalam Islam, air zam zam juga memiliki beberapa manfaat. Apa sajakah manfaat dari air zam-zam? Berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki oleh air zam-zam.

1. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat dari air zam-zam yang pertama yaitu untuk memelihara kesehatan mata. Khasiat dari air zam-zam ini mirip dengan sayuran wortel yang bermanfaat dalam mengatasi masalah kesehatan mata. Air zam-zam ini direkomendasikan untuk yang ingin punya mata lebih sehat lagi.

2. Dapat Mencegah Kanker

Ternyata, air zam zam juga punya khasiat atau manfaat untuk mencegah penyakit kanker. Air zam-zam ini punya kandungan anti inflamasi yang mampu mengatasi serta mencegah penyakit kanker. Komponen yang dapat mencegah kanker seperti lunasin, bikunin, dan bowman birk inhibitor meningkat setelah konsumsi air zam-zam ini.

3. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat air zam zam lainnya yaitu bisa meredakan sakit kepala. Bahkan di Arab Saudi, air zam-zam sudah sejak lama dikenal untuk pengobatan sakit kepala. Banyak juga yang menggunakan air zam-zam sebagai pengganti aspirin untuk meredakan sakit kepala.

4. Memperkuat Tulang

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air zam-zam yaitu dapat memperkuat tulang karena banyak kandungan mineral dan kandungan kalsium yang dapat membantu untuk memperkuat tulang. Air zam-zam ini sangat cocok diminum untuk yang punya masalah sendi.

5. Dapat Meningkatkan Trombosit Darah

Manfaat dari air zam-zam selanjutnya yaitu bisa untuk meningkatkan trombosit darah. Dengan demikian, tingkat leukosit dalam tubuh bisa meningkat dan kekebalan dari eritrosit juga turut meningkat.

Kondisi tubuh yang seperti itu akan sangat cocok untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.

Menurut dr. Muhammad Saifuddin Hakim, tingkat ketakwaan dan keimanan dari seseorang akan sangat mempengaruhi untuk kemanjuran dari air zam-zam yang diminumnya bahkan ada yang sampai minum berliter-liter tapi belum juga terlihat khasiatnya. 

Sehingga Anda perlu meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT agar bisa mendapatkan air zam-zam dengan khasiat baik bagi tubuh. 

Itulah tadi doa minum air zam zam dan manfaatnya bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan air zam-zam biasanya saat sedang pergi menunaikan Ibadah Haji atau sedang berada di Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kumpulan doa doa air zamzam air minum kesehatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top