Nama bayi laki-laki sanskerta
Relationship

Nama Bayi Laki-Laki Sansekerta yang Penuh Makna

Hana Fathina
Kamis, 25 Agustus 2022 - 18:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kamu ingin mencari inspirasi nama bayi laki-laki sansekerta? Bahasa sansekerta atau Sanskrit adalah Bahasa kuno yang mengilhami terbentuknya beberapa Bahasa daerah di Nusantara, termasuk Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Sebuah nama dalam Bahasa Sansekerta mungkin membuat kamu teringat akan masa kejayaan kerajaan-kerajaan kuno di masa lalu, serta filosofi hidup nenek moyang yang diwariskan pada kita. 

Nama tidak hanya sekedar rangkaian kata saja, melainkan akan melekat kepada bayi, baik laki-laki maupun perempuan. Secara khusus, dalam menentukan nama untuk bayi laki-laki tidak boleh sembarangan. Apalagi dalam nama juga terselip doa yang menjadi harapan orang tua pada laki-laki mereka. Maka dari itu, sebagai orang tua harus menamai bayi laki-laki dengan spesial dan istimewa. 

Berikut nama bayi laki-laki sansekerta yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Abhra

Nama ini terdengar unik dan jarang digunakan. Maknanya adalah awan putih. Awan identik dengan langit dan ketinggian. Dengan memberikan nama ini, diharapkan si kecil tetap rendah hati. 

2. Bayanaka

Makna Bayanaka adalah seorang yang luar biasa. Tentu impian semua orang tua menginginkan buah hati menjadi seseorang yang sukses bukan? Dengan memberikan nama ini, semoga kecil diharapkan dapat menjadi sosok yang luar biasa dan cerdas. 

3. Diraya

Nama yang terbilang unik dan mengandung unsur sansekerta ini tentunya bisa kamu pilih. Arti nama Diraya adalah seseorang dengan kesabaran penuh. Dengan memberikan nama ini, semoga sifat buah hati kamu akan selalu sabar dan menghadapi cobaan dan tantangan hidup. 

4. Deo

Nama Deo bisa menjadi salah satu inspirasi untuk nama bayi laki-laki dalam Bahasa sansekerta. Dalam Bahasa sansekerta, Deo memiliki arti kebahagiaan dan kehormatan. Dalam Bahasa Yunani, Deo memiliki makna yang baik yaitu kesukaan. Kamu bisa menyisipkan nama ini untuk nama depan atau nama tengah. 

5. Tarsh

Nama Tarsh ini memiliki makna yang cukup mendalam, yaitu bintang keberuntungan dan harapan. Jadi, sebagai harapan dan bintang keberuntungan, kamu bisa memberikan nama ini untuk buah hati kamu. Nama ini terbilang unik dan jarang digunakan. 

6. Kunala

Nama Kunala juga bisa menjadi pilihan kamu. Dalam Bahasa sansekerta, kunala memiliki arti lili air. Nama Kunala bisa diselipkan pada awalan nama atau akhiran nama. Untuk awalan, nama Kunala bisa menjadi referensi di antaranya Kunala Dewa, Kunala Putra, atau Kunala Pratama.

7. Janitra

Kamu bisa memilih nama anak laki-laki dalam Bahasa sansekerta ini dengan menggunakan nama Jenitra yang memiliki arti unik dan mulia. Makna dari nama ini adalah berderajat tinggi. Sesuai dengan artinya, semoga anak kamu tumbuh dengan dikelilingi oleh orang-orang yang baik, serta selalu dimudahkan dalam hidupnya. 

8. Rishi

Nama ini terdengar seperti nama Jepang, namun ternyata nama ini berawal dari Bahasa sansekerta. Ini bisa menjadi referensi nama bayi yang bisa kamu gunakan. Artinya adalah orang yang bijak. Dengan memberikan nama Rishi, artinya kamu telah menyematkan doa agar kelak si kecil menjadi orang yang bijak. 

9. Madhar

Makna Madhar adalah penuh dengan kegembiraan. Dengan memberikan nama ini, semoga si kecil dapat tumbuh dengan kebahagiaan di hidupnya. Nama ini terbilang jarang dan unik untuk bayi laki-laki. 

10. Mahavir

Arti dibalik nama ini adalah pahlawan yang hebat. Tentu arti pahlawan di sini dapat menjadi penolong untuk dirinya dan orang di sekitarnya. Semoga sesuai harapan nantinya. 

Itulah nama bayi laki-laki sansekerta yang bisa dijadikan referensi anda untuk buah hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro