Netflix. Bloomberg
Entertainment

Sejarah 29 Agustus, Netflix Diluncurkan Tahun 1997 Lalu

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Agustus 2022 - 05:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 29 Agustus 1997 Netflix diluncurkan dengan layanan penyewaan DVD internet.

Netflix, Inc., adalah perusahaan streaming media dan penyewaan video yang didirikan pada tahun 1997 oleh pengusaha Amerika Reed Hastings dan Marc Randolph. Itu juga terlibat dalam pembuatan program asli. Kantor pusat perusahaan berada di Los Gatos, California.

Dilansir dari Britannica, pada tahun 1999 Netflix mulai menawarkan layanan berlangganan online melalui Internet. Pelanggan memilih judul film dan televisi dari situs web Netflix; pertunjukan tersebut kemudian dikirimkan ke pelanggan dalam bentuk DVD, bersama dengan amplop pengembalian prabayar, dari salah satu dari lebih dari 100 pusat distribusi.

Meskipun pelanggan biasanya menyewa dengan biaya bulanan tetap sebanyak film per bulan yang mereka inginkan, jumlah DVD yang mereka miliki pada satu waktu dibatasi sesuai dengan rencana berlangganan mereka. Netflix memiliki puluhan ribu judul film dalam katalognya.

Pada tahun 2006 Netflix meluncurkan kontes Hadiah Netflix senilai $1 juta untuk melihat apakah ada orang yang dapat meningkatkan 10 persen sistem rekomend

Pada tahun 2007 Netflix mulai menawarkan pelanggan pilihan untuk melakukan streaming beberapa film dan acara televisi langsung ke rumah mereka melalui Internet. Untuk sebagian besar paket berlangganan, layanan streaming tidak terbatas. Netflix kemudian bermitra dengan produsen berbagai produk elektronik konsumen, termasuk konsol video game dan pemutar Blu-ray Disc, untuk memungkinkan videonya dialirkan melalui koneksi Internet ke perangkat tersebut.

Pada tahun 2010 Netflix memperkenalkan paket streaming saja yang menawarkan layanan streaming tanpa batas tetapi tanpa DVD. Netflix kemudian berkembang di luar Amerika Serikat dengan menawarkan paket streaming saja di Kanada pada 2010, di Amerika Latin dan Karibia pada 2011, dan di Inggris Raya, Irlandia, dan Skandinavia pada 2012. Pada 2016 layanan streamingnya tersedia di lebih banyak negara. dari 190 negara dan wilayah.

Netflix telah mengumumkan pada September 2011 bahwa mereka akan membagi layanan streaming dan layanan berbasis surat, dengan yang terakhir disebut Qwikster, tetapi membatalkan rencana pemisahan sebulan kemudian, dengan alasan protes dari pelanggannya. Meskipun layanan streamingnya menjadi penghasil pendapatan terbesar—dengan lebih dari 200 juta pelanggan pada tahun 2021—divisi penyewaan tetap menguntungkan.

Dimulai pada tahun 2013 dengan serial drama episodik House of Cards, perusahaan menawarkan konten video yang diproduksi khusus untuk layanan streamingnya. Konten tersebut menjadi fokus utama Netflix, dan pada akhir tahun 2021 telah menawarkan lebih dari 2.400 judul asli.

Pada tahun 2016 layanan streamingnya tersedia di lebih dari 190 negara dan wilayah. Netflix telah mengumumkan pada September 2011 bahwa mereka akan membagi layanan streaming dan layanan berbasis surat, dengan yang terakhir disebut Qwikster, tetapi membatalkan rencana pemisahan sebulan kemudian, dengan alasan protes dari pelanggannya.

Meskipun layanan streamingnya menjadi penghasil pendapatan terbesar—dengan lebih dari 200 juta pelanggan pada tahun 2021—divisi penyewaan tetap menguntungkan.

Dimulai pada tahun 2013 dengan serial drama episodik House of Cards, perusahaan menawarkan konten video yang diproduksi khusus untuk layanan streamingnya. Konten tersebut menjadi fokus utama Netflix, dan pada akhir tahun 2021 telah menawarkan lebih dari 2.400 judul asli.

Seri terkenalnya termasuk Unbreakable Kimmy Schmidt, Stranger Things, Narcos, The Crown, Bridgerton, dan Squid Game. Itu juga menghasilkan banyak film — terutama Roma (2018), yang memenangkan tiga Academy Awards, termasuk film berbahasa asing terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro