Koleksi busana muslim Ivan Gunawan dan Zoya/JIBI-Andhina Wulandari
Fashion

Intip Profil dan Prestasi Ivan Gunawan dari Lokal Hingga Internasional

Alifian Asmaaysi
Selasa, 6 September 2022 - 13:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nama presenter sekaligus desainer papan atas Indonesia Ivan Gunawan santer didengar publik.

Selain karena pembawaanya yang nyentrik dan blak-blakan, Ivan Gunawan juga terkenal karena memiliki segudang prestasi di dunia mode desain.

Karya-karyanya sudah banyak tampil mentereng di panggung lokal maupun internasional. Sebut saja Miss Universe, Miss Grand Indonesia, hingga yang terbaru adalah Miss Face of Humanity. Tak ayal jika namanya kian melambung sejalan dengan ragam prestasi yang diukirnya. 

Ivan Gunawan Putra atau yang lebih dikenal sebagai Ivan Gunawan ini merupakan putra bungsu dari pasangan Bambang Cahyo Gunawan dan Erna Gunawan. 

Ivan Gunawan lahir pada tanggal 31 Desember 1981. Sepak terjangnya di dunia entertainment sudah tak perlu diragukan lagi, selain merupakan seorang desainer, Igun juga merupakan presenter, pelawak, aktor hingga penyanyi.

Kecintaanya dalam bidang desain ternyata sudah mulai muncul sedari dirinya kecil, terlebih lagi Igun (sapaan akrab Ivan Gunawan) juga merupakan keponakan dari perancang busana kenamaan tanah air yakni Adjie Notonegoro. Karenannya, tak heran bila Ivan Gunawan juga mewarisi keahlian sang paman tersebut.

Diketahui, Ivan Gunawan merupakan keturunan suku Jawa, tionghoa, dan Belanda. Masa kecilnya pun sempat dihabiskan beberapa tahun di Singapura dan Hongkong, sebelum akhirnya menetap di Indonesia.

Deret prestasi yang dikantongi oleh Ivan Gunawan:

Diketahui, Ivan Gunawan mengawali karirnya di dunia hiburan tanah air usai dirinya menjuarai kontes Cover Boy pada tahun 2002. 

Namanya kian melambung setelah dirinya memerankan tokoh Vantje Burhanuddin dalam film 4 Sehat 5 Sempurna bersama Fathir Muchtar, Rena Tabitha, hingga Indra Bekti.

Dirinya kemudian melebarkan sayap prestasinya ke dunia presenting, yang dimulainya dalam acara Mendadak Dangdut bersama Ulfa Dwiyanti. Kini, Ivan Gunawan banyak mempresenteri acara-acara di televisi swasta di Indonesia.

Selain di dunia modelling hingga presenting, Igun juga memiliki sederet prestasi dalam dunia desain. Rasanya, sudah bukan hal mengejutkan bila gaun rancangan Ivan Gunawan kerap digunakan para aktris ternama. Pasalnya, gaun rancangan Igun telah beberapa kali berhasil tembus ke kancah internasional.

Sebut saja saat Kezia Warouw menjadi finalis Miss Universe 2016, yang kedapatan mengenakan gaun rancangan Ivan Gunawan. Meskipun harus terdepak di posisi 13 besar lantaran sebuah insiden kecil karena terpleset pada tahap Prelimenary, gaun yang dikenakannya mendapat perhatian khusus dari dunia internasional kala itu.

Saat itu, dirinya tengah mengenakan gaun rancangan Ivan Gunawan yang bertajuk “Kedjora”. Diketahui, insiden terelincirnya Kezia diatas panggung justru mengundang perhatian banyak pasang mata terhadap gaun yang dikenakan Kezia.

Hingga akhirnya, gaun rancangan Ivan Gunawan tersebut berhasil mentereng di posisi ke 8 dari 15 gaun indah di dunia pada saat itu.

Terbaru, gaun rancangan Ivan Gunawan juga berhasil menemani Nadia Ingrida Tjuantja atau dikenal sebagai Nadia Tjoa membawa pulang mahkota Miss Face of Humanity pertama di tahun 2022. 

Busana rancangan yang dikenakan Tjoa pada saat itu bertajuk “The Reminiscene of Golden Phoenix” yang melambangkan makhluk mitologi Jawa yang memiliki kekuatan yang lembut serta bijaksana. 

Gaun yang dirancang diberikan sentuhan warna emas dengan aksen motif Pradan yang merupakan tanaan khas Bali yang merepresentasikan keanggunan serta keindahan.

Malam penganugerahan Miss Face of Humanity 2022 dilakukan di Toronto Kanada pada 2 April 2022, semakin menambahkan catatan panjang prestasi Ivan Gunawan di kancah lokal maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro