Serangan jantung mendadak pada usia muda/ilustrasi
Health

Ini Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Jantung

Alifian Asmaaysi
Senin, 19 September 2022 - 16:46
Bagikan

Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Jika Anda pernah mengalami serangan jantung, performa jantung jelas akan berkurang. Hal ini dapat mempengaruhi ritme jantung Anda dan kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.  

Anda juga mungkin berisiko mengalami serangan jantung atau kondisi lain seperti  stroke, gangguan ginjal, dan penyakit arteri perifer (PAD). 

Anda dapat menurunkan kemungkinan mengalami masalah kesehatan di masa depan setelah serangan jantung dengan langkah-langkah ini: 

1. Melakukan aktivitas fisik

Bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang hal-hal yang Anda lakukan setiap hari dalam hidup dan pekerjaan Anda. Dokter Anda mungkin ingin Anda membatasi pekerjaan, perjalanan, atau aktivitas seksual untuk beberapa waktu setelah serangan jantung. 

2. Perubahan gaya hidup

Makan makanan yang lebih sehat, meningkatkan aktivitas fisik, berhenti merokok, dan mengelola stres hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kualitas hidup Anda. Tanyakan kepada tim perawatan kesehatan Anda tentang menghadiri program yang disebut rehabilitasi jantung untuk membantu Anda membuat perubahan gaya hidup ini. 

3. Rehabilitasi jantung

Rehabilitasi jantung  adalah program penting bagi siapa saja yang pulih dari serangan jantung, gagal jantung, atau masalah jantung lainnya yang memerlukan pembedahan atau perawatan medis.  

Rehabilitasi jantung adalah program yang diawasi dengan mencakup aktivitas fisik, edukasi tentang hidup sehat, termasuk makan sehat, minum obat sesuai resep, dan cara membantu Anda berhenti merokok. Serta melakukan konseling untuk menemukan cara menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental. 

Sebuah tim yang terdiri dari orang-orang yang kompeten dapat membantu Anda melalui rehabilitasi jantung, termasuk tim perawatan kesehatan, spesialis olahraga dan nutrisi, terapis fisik, serta konselor atau profesional kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro