Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat/Freepik
Health

Ini 15 Tips Memutihkan dan Memuluskan Kulit secara Alami

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 23 September 2022 - 22:25
Bagikan

8. Lakukan eksfoliasi kulit

Alih-alih mengelupas kulit sendiri untuk menyingkirkan penumpukan kulit mati setiap hari. Kamu bisa gunakan eksfoliasi kulit buatan sendiri dengan menggabungkan dua sdt bubuk beras dan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosokkan campuran ini pada kulit untuk menghilangkan cokelat dan memperbaiki warna kulit kamu.

9. Membuat masker wajah

Buat masker wajah buatan sendiri menggunakan mentega tawar, dua sdm pisang matang, dan satu sdt madu. Campur semua bahan dan pijat ke seluruh wajah serta leher kamu selama beberapa menit. 

Gunakan kain lap hangat untuk membersihkannya. Dengan begitu, kamu akan meningkatkan warna dan tekstur kulit.

10. Menggunakan masker kulit jeruk

Kamu bisa mengaplikasikan masker kulit jeruk untuk mendapatkan hasil yang mencerahkan kulit. 

Untuk membuatnya, kamu bisa menggiling kulit jeruk segar dengan susu dingin dan oleskan campuran ke wajah serta leher. Gunakan masker ini dua kali seminggu untuk kulit yang lebih cerah secara alami.

11. Membuat pemutih wajah alami

Untuk menghasilkan kulit putih dan bercahaya, serta dan dapat menghilangkan pigmentasi kulit, kamu bisa mencoba pemutih wajah alami.

Untuk membuat pemutih wajah alami, kamu bisa campurkan dua sdt bubuk kulit jeruk atau bubuk kulit lemon dengan satu sdt baking soda, satu sdt madu, dan dua sdt air jeruk lemon. Kemudian, oleskan campuran ini ke wajah dan leher kamu.

12. Melakukan perawatan lidah buaya

Dengan perawatan masker lidah buaya, kamu dapat meningkatkan kecerahan dan elastisitas kulit.

Untuk membuat masker ini, kamu hanya perlu mencampurkan dua sdt gel lidah buaya dengan 1/2 sdt kunyit dan 1 sdm madu dalam mangkuk lalu oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bersihkan menggunakan kapas yang direndam dalam susu dingin. Setelah itu, cuci muka dengan air dingin setelah menyeka dengan susu. 

13. Melakukan perawatan mentimun

Untuk melihat hasil kulit bercahaya dan warna kulit lebih cerah, kamu bisa mengaplikasikan masker timun.

Membuat masker wajah dari mentimun cukup dengan mencampurkan irisan mentimun yang sudah dikupas dengan bubuk cendana dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan masker di wajah dan leher secara merata dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dan keringkan.

14. Memakai toner alami dua kali sehari

Kamu bisa mengaplikasikan toner alami untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati serta membuat kulit kamu lembut dan cerah.

Untuk membuat toner alami kamu perlu mencampur cuka sari apel dan air mawar dengan perbandingan sama banyak. Kemudian rendam kapas dalam larutan tersebut dan bersihkan wajah serta leher kamu, bilas setelah dua menit. Gunakan toner sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

15. Memakai masker dari putih telur

Putih telur dapat memberikan keajaiban pada kulit kamu! Ini karena telur memiliki sifat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit serta mencerahkan warna kulit. 


Untuk membuat masker dari putih telur hanya perlu mencampurkan dua sdt tepung maizena dan 1 putih telur. Kemudian, jika sudah tercampur, kamu bisa oleskan pada wajah dan leher. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berjerawat dapat menambahkan perasan lemon untuk hasil yang lebih baik.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro