Anak Sakit/boldsky.com
Health

Tips Ampuh Cegah Gagal Ginjal Akut

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 26 Oktober 2022 - 10:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah maraknya kasus gagal ginjal akut, tentunya membuat orang tua khawatir bagaiamana mencegah anaknya terkena penyakit mematikan ini.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Adininggar mengatakan ada cara penting dan utama dalam mencegah munculnya gagal ginjal akut, termasuk pada anak dan balita.

Dia menekankan, bahwa cara pencegahan utama adalah pastikan asupan cairan tubuh cukup.

dr Adininggar juga menyatakan jika kondisi pasien mengalami demam tinggi, muntah-muntah, dan diare, serta tidak mau atau hanya sedikit makan, maka segera bawa ke RS.

Tujuannya, katanya, untuk mendapatkan pengganti cairan lewat infus. Dia menegaskan orang tua jangan menunggu ketika kondisi pasien sudah seperti itu, jangan sampai anak tidak keluar air kencing.

"Kalo terlambat, nantinya pengobatan tidak bisa dengan cairan saja karena malah justru cairan harus benar-benar dihitung tidak boleh kelebihan atau kekurangan. Golden period sangat singkat jadi tingkatkan kewaspadaan," imbau dr Ning.

Dia juga menegaskan salah satu pencegahan lain yang tidak kalah penting adalah sebisa mungkin jangan sampai sakit, karena bisa memicu risiko gagal ginjal akut, karena gagal ginjal akut ini adalah suatu akibat bukan sebab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro