Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Ampuh Cegah Gagal Ginjal Akut

dr spesialis penyakit dalam dr Adininggar membagikan tips ampuh cegah gagal ginjal akut
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  10:16 WIB
Tips Ampuh Cegah Gagal Ginjal Akut
Anak Sakit - boldsky.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah maraknya kasus gagal ginjal akut, tentunya membuat orang tua khawatir bagaiamana mencegah anaknya terkena penyakit mematikan ini.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Adininggar mengatakan ada cara penting dan utama dalam mencegah munculnya gagal ginjal akut, termasuk pada anak dan balita.

Dia menekankan, bahwa cara pencegahan utama adalah pastikan asupan cairan tubuh cukup.

dr Adininggar juga menyatakan jika kondisi pasien mengalami demam tinggi, muntah-muntah, dan diare, serta tidak mau atau hanya sedikit makan, maka segera bawa ke RS.

Tujuannya, katanya, untuk mendapatkan pengganti cairan lewat infus. Dia menegaskan orang tua jangan menunggu ketika kondisi pasien sudah seperti itu, jangan sampai anak tidak keluar air kencing.

"Kalo terlambat, nantinya pengobatan tidak bisa dengan cairan saja karena malah justru cairan harus benar-benar dihitung tidak boleh kelebihan atau kekurangan. Golden period sangat singkat jadi tingkatkan kewaspadaan," imbau dr Ning.

Dia juga menegaskan salah satu pencegahan lain yang tidak kalah penting adalah sebisa mungkin jangan sampai sakit, karena bisa memicu risiko gagal ginjal akut, karena gagal ginjal akut ini adalah suatu akibat bukan sebab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gagal ginjal ginjal penyakit ginjal kebiasaan merusak ginjal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top