Aktor Aktor Morgan Freeman (ketiga dari kiri) tengah tampil bersama penyandang disabilitas Ghanim Al-Muftah (kanan) dalam pembukaan Piala Dunia 2022./Bisnis-Video
Entertainment

Deretan Film yang Dibintangi dan Dinaratori Morgan Freeman

Widya Islamiati
Selasa, 22 November 2022 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang aktor, sutradara juga narator asal Amerika, Morgan Freeman kembali menjadi pembicaraan publik setelah tampil dalam pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Qatar Minggu (20/11/2022).

Morgan menampilkan aksi teatrikal bersama dengan Ghanim Al-Muftah sosok difabel yang merupakan seorang pemuda asal Qatar.

Morgan yang lahir pada tahun 1937 lalu, memiliki suara yang khas, menggambarkan berbagai karakter peran di berbagai genre film. Karena suaranya inilah, Morgan kemudian dikenal sebagai narator kelas kakap.

Berikut beberapa film yang dinaratori oleh Morgan Freeman:

1. The Shawshank Redemption (1994)

Film ini merupakan film drama Amerika Serikat yang disutradarai oleh Frank Darabont. Selain menjadi narator, Morgan juga turut beradu akting dalam film ini bersama dengan Tim Robbins.

Film yang diadaptasi dari novelet karya Stephen King, Rita Haywort serta Disertai Redemption yang menceritakan kisah seorang bankir bernama Andy Dufresme yang mendekam dipenjara akibat ulahnya membunuh istri dan selingkuhannya. 

Meskipun Andy sebelumnya sudah mengaku tidak melakukan hal tersebut, dia tetap harus menerima hukuman tersebut. Di penjara, kemudian Andy bertemu dengan 'Red' yang diperankan oleh Morgan Freeman.

Film ini menghabiskan dana sekitar $25 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $28.3 juta.

2. War of the World (2005)

Pada tahun 2005, Morgan menjadi narator film War of the World yang merupakan film fiksi ilmiah petualangan thriller Amerika Serikat yang disutradarai oleh Steven Spielberg.

Dalam film ini, Morgan bertemu kembali dengan Tim Robbins, namun dia tidak turut berlaga, melainkan menjadi seorang narator.

Film ini menceritakan tentang Ray Ferrier (Tom Cruise) yang merupakan seorang operator mesin derek. 

Dia bersama kedua putrinya mendapatkan serangan dari tripod raksasa yang mengharuskan ketiganya meninggalkan tempat tinggal mereka dan berpindah-pindah tempat untuk menyelamatkan diri.

Film ini menghabiskan dana sekitar $132 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $591.7 juta.

3. The Love Guru (2008)

Dalam film komedi percintaan yang disutradarai oleh Marco Schanabel ini, Morgan kembali menjadi seorang narator.

Film ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas, seperti Jessica Alba, Justin Timberlake, Kanye West, dan banyak lainnya.

Film ini menghabiskan dana sekitar $62 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $40.8 juta.

4. Conan the Barbarian (2011)

Film tentang karakter Conan karya Robert E Howard ini juga dinaratori oleh Morgan Freeman. Dalam film ini turut tampil Jason Nomor, Rachel Nichols, Rose Mcgowan, Stephen Lang, Ron Pedoman serta Bob Sapp dan disutradarai oleh Marcus Nispel.

Film ini menghabiskan dana sekitar $99 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $48.8 juta.

5. Alpha (2018)

Alpha merupakan film petualangan fiksi sekarang Amerika yang disutradarai oleh Albert Hughes dan ditulis oleh Daniel Sebastian Wiedenhaupt. Dalam film ini, Morgan kembali menjadi seorang narator. 

Alpha adalah seekor serigala yang hidup pada zaman paleolitik di Eropa, sekitar 20.000 tahun yang lalu. Alpha menemani tokoh utama bernama Keda untuk bertualang.

Film ini menghabiskan dana sekitar $51 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $99.8 juta.

Selain itu, Morgan juga pernah membintangi puluhan judul film. Beberapa diantaranya mendapatkan berbagai penghargaan. Berikut judul film yang dibintangi Morgan Freeman:

1. Driving Miss Daisy (1989)

Film yang disutradarai oleh Bruce Beresford ini memenangkan empat Academy Award, diantaranya adalah kategori Film Terbaik. 

Driving Miss Daisy menceritakan tentang hubungan sekarang wanita tua yang beragama Yahudi dengan supirnya. Diketahui, supirnya merupakan seorang Afrika-Amerika yang diperankan oleh Morgan Freeman. 
Film ini menghabiskan biaya produksi sebesar $7.5 juta.

2. Unforgiven (1992)

Tiga tahun berselang, film yang dibintangi oleh Morgan Freeman kembali mendapatkan empat Academy Awards dan salah satunya adalah kategori Film Terbaik.

Film yang disutradarai oleh Clint Eastwood ini menceritakan tentang seorang pensiunan gunslinger yang kembali beraksi demi mendapatkan yang. 

Dalam film ini, Freeman beradu akting dengan sang sutradara, Clint Eastwood, Gene Hackman, Richard Harris, Jaimz Woolvett, Saul Rubinek serta Frances Fisher.

3. Magnificent Desolation: Walking on the Moon 3D (2005)

Dalam film yang disutradarai oleh Mark Cowen ini, Freeman memerankan tokoh Neil Armstrong. Ini merupakan film dokumenter tentang manusia yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan.

Dalam film ini Freeman beradu akting dengan Tim Hanks, Paul Newman, Scott Glenn, Matt Damon serta Gary Sinise.

Film ini menghabiskan biaya produksi sebesar $3 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $40.3 juta.

4. Invictus (2009)

Ini merupakan film biografi yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Dalam film ini Freeman memerankan tokoh Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan, serta Matt Damon yang memerankan tokoh Francois Pienaar, kapten Tim

5. Uni Rugi Afrika Selatan, Springboks.

Film ini menghabiskan biaya produksi sebesar $50 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $122 juta.
London Has Fallen (2016)

Ini merupakan film aksi laga Amerika Serikat yang disutradarai oleh Babak Najafi. Morgan Freeman dalam film ini beradu akting dengan Gerard Butler, Aaron Eckhart dan Angela Bassett.
Film ini menghabiskan biaya produksi sebesar $60 juta dan mendapatkan pendapatan kotor sekitar $205.9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro