Kanker paru/medicinenet.com
Health

Gejala Kanker Paru-Paru yang Jarang Diketahui

Widya Islamiati
Rabu, 23 November 2022 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Paru-paru merupakan organ saluran pernapasan, ketika organ ini bermasalah, maka gejala yang timbul akan berkaitan dengan pernapasan.

Mengutip laman lung, gejala umum yang timbul akibat adanay penyakit di paru-paru adalah batuk kronis, sesak napas, mengi, produksi lendir kronis ataupun nyeri dada. 

Namun, laman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes mengungkap, ada beberapa gejala lain yang bisa jadi tanda dari penyakit yang paru-paru seperti kanker paru. 

Berikut gejala yang tidak lazim muncul saat alami penyakit kanker paru:

1. Sakit kepala

Meskipun paru-paru tidak berhubungan langsung dengan kepala, tapi sakit kepala bisa jadi gejala yang muncul akibat penyakit yang ada di paru-paru. Ini menjadi awal dari terganggunya keseimbangan hingga kemudian akan mati rasa pada tungkai.

2 Rasa sakit di seluruh tubuh

Rasa sakit di seluruh tubuh merupakan gejala lanjutan setelah sakit kepala dan mati rasa di tungkai. Setelah kanker menyebar ke beberapa organ, seperti organ hati dan kelenjar getah bening, kulit dan mata akan menguning. 

Karena kanker paru biasanya tidak menimbulkan gejala hingga stadium lanjut, maka tanda yang muncul biasanya terlihat ketika sudah menjalar ke beberapa bagian tubuh, jadi banyak bagian tubuh yang turut sakit.

3. Penurunan berat badan

American Cancer Society mengungkap, penurunan berat badan bisa jadi tanda paru-paru bermasalah. Sebab paru-paru yang bermasalah akan timbulkan kurangnya napsu makan, sehingga akan berdampak pada penurunan berat badan.

4. Merasa kelelahan yang luar biasa

Setelah alami penurunan berat badan, kelelahan yang luar biasa kemudian bisa jadi tanda adanya masalah di organ paru. Meskipun penderitanya hanya melakukan pekerjaan ataupun aktivitas sehari-hari saja.

5. Nyeri punggung dan bahu

Dampak dari dada yang nyeri ataupun sesak saat alami penyakit pada paru, akan menjalar ke bagian punggung juga bahu. Ini bisa jadi salah satu tanda penyakit paru-paru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro