Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Tanda Kolesterol, Ini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tubuh akan memberikan sejumlah sinyal dari tanda dan gejala kolesterol tinggi.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 23 November 2022  |  19:51 WIB
Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com
Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika tubuh memiliki terlalu banyak zat lemak. Ada beberapa tanda dan gejala kolesterol di tubuh yg bisa dikenali.

Dilansir Healthline, Rabu (23/11/2022), faktor penyebab terjadinya kolesterol tinggi adalah kurang olahraga atau aktivitas fisik, diet tidak sehat, obesitas, diabetes, konsumsi makanan tinggi lemak, perokok aktif, hingga penggunaan alkohol.

Tubuh akan memberikan sejumlah sinyal yang menandakan bahwa saat itu kita tengah mendapati kondisi kolesterol tinggi. Lantas bagaimana saja tanda umumnya?

Tanda tubuh memiliki kolesterol tinggi:

1. Kaki Mendingin

Kondisi yang terasa dingin ini umumnya akan terasa di area tungkai kaki. Rasa dingin ini disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat. Akibatnya, darah tidak akan sampai ke bagian kaki bawah.

2. Perubahan warna kulit

Selain memberikan rasa dingin, aliran darah yang berkurang atau tersumbat  juga dapat mengakibatkan perubahan warna kulit.

Kolesterol dapat memblokir pembuluh darah kecil (kapiler) yang memasok oksigen ke kulit. Inilah yang menyebabkan permukaan kulit Akan berubah warna. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kondisi kulit seperti psoriasis.

3. Xanthoma

Xanthoma merupakan kondisi di mana lemak menumpuk di bawah permukaan kulit. Xanthoma umumnya terjadi di kalangan orang dewasa dan orang dengan lipid darah yang tinggi (lemak). 

Ukuran Xanthoma bervariasi, beberapa diantaranya sangat kecil dan lainnya berdiameter lebih besar dari 3 inchi (7,5 cm). Kondisi ini paling sering terlihat pada siku, persendian, tendon, lutut, tangan, kaki, atau bokong.

4. Sakit kepala

Menurut studi disimpulkan bahwa orang dengan kondisi kolesterol tinggi berisiko mengalami kondisi seperti penyakit arteri koroner (CAD) dan stroke. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang meliputi pusing.

5. Nyeri dada

Kondisi ini umumnya ditandai dengan nyeri pada dada. Ini merupakan akibat dari otot-otot jantung yang kurang mendapat pasokan darah. 

Suatu studi menyimpulkan bahwa terlalu banyak kolesterol jahat (LDL)  dalam darah dapat menyebabkan arteri menyempit. Dengan LDL yang tinggi, maka akan meningkatkan risiko angin dan serangan jantung. 

6. Xanthelasma Palpebrarum

Kondisi ini ditandai dengan adanya plak kekuningan yang berada di bagian atas kelopak mata. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh pengkristalan kolesterol yang menimbulkan plak kuning di bagian luar mata. 

Xanthelasma muncul sebagai bercak atau benjolan kuning ke oranye. Ukurannya mulai dari 2–30 mm, xanthelasma memiliki permukaan datar dan memiliki batas yang jelas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol kulit dada
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top