Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beragam Makanan untuk Hilangkan Pegal-Pegal, Salah Satunya Cabai

Badan pegal-pegal ternyata bisa diatasi atau diobati dengan beberapa jenis makanan berikut ini.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 28 November 2022  |  15:45 WIB
Beragam Makanan untuk Hilangkan Pegal-Pegal, Salah Satunya Cabai
Cabai di salah satu pasar di Batam. - Bisnis/Bobi Bani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah beraktivitas fisik seperti olahraga ataupun melakukan pekerjaan sehari-hari, tubuh kerapkali diserang pegal-pegal. Kondisi ini cukup umum di kalangan masyarakat Indonesia.

Mengutip laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, dalam dunia medis, pegal-pegal dikenal dengan istilah myalgia. Ini merupakan bahasa Yunani, yaitu myo yang berarti otot dan algos yang berarti nyeri. 

Sebagian besar masyarakat akan melakukan pijat atau urut ketika menghadapi masalah otot ini. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang dapat mengatasi nyeri otot.

Berikut daftar makanan yang dapat mengatasi nyeri otot berdasarkan berbagai sumber.

1. Rempah jamu

Laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes mengungkap, salah satu manfaat dari jamu adalah bisa meredakan pegal-pegal. Hal ini tidak asing di Indonesia, karena jamu merupakan minuman khas Indonesia.

Berikut ini beberapa kandungan rempah dalam jamu yang dapat membantu meredakan pegal-pegal: 

  • Kunyit: Kunyit mengandung kurkumin yang bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan kronis, nyeri, sindrom metabolik, dan kecemasan. Kandungan kurkumin ini kunyit juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium dan kalium yang juga kaya akan vitamin A dan C.
  • Jahe: Selain menghangatkan jahe juga dapat membantu mengobati radang sendi, perut kembung, dan juga nyeri saat menstruasi.
  • Kencur: Salah satu manfaat kencur adalah untuk membantu mengurangi peradangan, mengobati infeksi, meningkatkan kesuburan pria, dan mengobati berbagai jenis kanker.
  • Temulawak: Memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, paling ampuh untuk melancarkan peredaran darah. Hal ini lantaran temulawak bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri karena kandungan xantorrhizolnya.

2. Buah ceri

Laman WebMD mengungkap, ceri bisa mencegah nyeri otot karena memiliki senyawa antioksidan dan senyawa anti inflamasi. 

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang meneliti pelari yang minum jus ceri asam mulai 7 hari sebelum perlombaan dan pada hari perlombaan, sebanyak dua puluh empat ons sehari. 

Hasilnya para pelari tersebut mengalami nyeri otot yang jauh lebih sedikit daripada kelompok yang meminum minuman dengan rasa serupa tanpa jus alami. 

3. Daun mint

Daun tumbuhan pendek ini jika dibuat minyak akan membantu meredakan kram, gas, dan kembung yang menyakitkan yang merupakan ciri khas sindrom iritasi usus besar. 

Selain itu, teh daun peppermint juga bisa berguna sebagai penenang yang baik untuk sakit perut sesekali. Di Brasil bahkan ada penelitian yang menunjukkan teh daun mint ini sama efektifnya dengan resep obat penghilang rasa sakit.

4. Cabai

Siapa sangka, jika cabai termasuk dalam deretan makanan yang dapat meredakan pegal-pegal. Hal ini lantaran capsaicin, zat yang memberi panas pada cabai, terkenal memiliki sifat penghilang rasa sakit. Tidak heran jika ini menjadi salah satu kandungan pembuatan krim anti pegal.

Beberapa penelitian terdahulu mengungkap, bukan hanya dioleskan pada kulit, tetapi juga dengan mengonsumsi cabai, dapat mengurangi dan mencegah peradangan.

5. Yogurt 

Laman Prevention mengungkap, berdasarkan studi terdahulu yang dilakukan pada tahum 2010, beberapa strain bakteri yang sering ada dalam yogurt, terutama B. infantis dan L. acidophilus dapat membentu mengurangi rasa sakit, peradangan, dan kembung.

Namun sayangnya, tidak semua yogurt mengandung probiotik. Sehingga perlu cermat dalam membeli produk ini agar mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan makanan sehat cabai rempah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top