ilustrasi teknologi
Relationship

10 Jurusan Kuliah yang Paling Diminati Alumninya, Apa Alasannya?

Widya Islamiati
Jumat, 2 Desember 2022 - 21:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kebimbangan saat lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas adalah memilih jurusan apa yang akan diambil di perguruan tinggi nantinya. Mempertimbangkan aspek biaya pendidikan, akses masuk perguruan tinggi, juga tentu ketersediaan lapangan kerjanya nantinya setelah lulus.

Banyak orang yang merasa ‘beruntung’ telah memilih jurusan yang dipelajarinya semasa kuliah, karena jurusan tersebut bisa mengantarkan pada kemudahan mencari pekerjaan setelah masuk ke dunia kerja.

Sebuah ulasan dari Universitas Georgetown bertajuk The College Payoff menyebutkan, bahwa orang dengan gelar sarjana dapat mendapat gaji 84 persen lebih besar dari pada lulusan SMA, serta 31 persen lebih tinggi dari orang bergelar Diploma 3.

Kepuasan para pencari kerja terhadap jurusan yang diambilnya juga berkaitan dengan prospek kerja. Alumni jurusan yang berpenghasilan cukup tinggi, umumnya menyukai jurusannya.

Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi menempati urutan pertama jurusan yang diminati oleh alumninya, disusul oleh beberapa jurusan lain hingga Manajemen. Zip Recruiter menyebut, jurusan-jurusan ini memiliki rata-rata gaji pertahun sekitar $100.000.

Survei ini menggunakan data dari sampel online yang dikelola oleh Qualtrics, yang melibatkan 1.500 pencari kerja antara tanggal 10 dan 16 setiap bulan pada tahun 2022 dan dibobotkan ke Survei Komunitas Amerika Biro Sensus AS.

Sebanyak 1.500 pekerja ini, memiliki status yang bermacam-macam, mulai dari sedang bekerja, menganggur, ataupun tidak sedang dalam angkatan kerja, yang tinggal di Amerika Serikat dengan keinginan untuk mencari pekerjaan baru dalam enam bulan ke depan.

Pada survei ini, responden akan diberi pertanyaan berikut:

Jika Anda dapat kembali ke masa lalu dan memilih jurusan perguruan tinggi lagi, setelah memasuki dunia kerja apa yang akan Anda pilih?

Responden dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan pilihan:

Saya akan memilih jurusan yang sama seperti yang saya ambil.
Saya akan memilih jurusan yang berbeda.

Sebuah survei dilakukan oleh Zip Recruiter untuk mencari kepuasan pencari kerja terhadap jurusan yang diambilnya. Berikut 10 jurusan ini menjadi jurusan yang paling diminati dan tidak disesali oleh alumninya:

  1. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi sebesar 72 persen
  2. Kriminologi sebesar 72 persen
  3. Teknik sebesar 71 persen
  4. Keperawatan sebesar 69 persen
  5. Kesehatan sebesar 67 persen
  6. Administrasi Bisnis dan Manajemen sebesar 66 persen
  7. Keuangan sebesar 65 persen
  8. Psikologi sebesar 65 persen
  9. Perusahaan Konstruksi sebesar 65 persen
  10. Manajemen Sumber Daya Manusia sebesar 58 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro