Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 5 Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata bisa dijaga dengan melakukan aktivitas ini dan makan makanan ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  11:58 WIB
Ini 5 Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata
Ilustrasi mata merah -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mata manusia dianalogikan dengan kamera, yang memungkinkan kita untuk melihat dunia.

Namun, gaya hidup bisa menyebabkan kerusakan atau gangguan penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia, katarak, retinopati diabetik, glaukoma, dan mata kering.

Agar mata Anda tetap sehat, ada cara alami yang bisa Anda ikuti berikut ini:

1. Aturan ​20-20-20

Waktu layar menjadi perhatian utama akhir-akhir ini. Generasi muda akhirnya menghabiskan banyak waktu terpaku pada layar, seperti laptop, smartphone, televisi, dan perangkat elektronik lainnya. Waktu layar yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan visual.

Namun, aturan 20-20-20 sangat dianjurkan oleh dokter mata. Setiap 20 menit waktu layar, pastikan untuk mengalihkan pandangan selama 20 detik ke sesuatu yang berjarak 20 kaki dari Anda.

Pertimbangkan untuk melihat ke luar jendela pada objek yang tampak jauh, seperti pohon.

2. Lensa Biru dan Kaca Mata

Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di perangkat digital, ada baiknya memakai Lensa Blue Light Blocker atau Blue Cut Lenses, yang memiliki lapisan khusus yang menyerap dan memblokir cahaya biru berenergi tinggi dan sinar UV yang berbahaya agar tidak masuk ke mata.

Demikian pula, kacamata hitam, yang dipandang sebagai aksesori fesyen, dapat melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet matahari. Saat membeli kacamata hitam, pastikan Anda membeli kacamata yang mencegah 99 hingga 100 persen paparan UV-A dan UV-B.

3. Makanan sehat

Sebagai anak-anak, kita sering mendengar orang tua kita mengatakan bahwa wortel itu sehat untuk penglihatan. Namun, mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran, terutama sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, kangkung, atau sawi, juga penting untuk menjaga penglihatan. Selain itu, mengonsumsi ikan air dingin yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, trout danau, mackerel, sarden, tuna, dan halibut, juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata.

4. Berolahraga

Aktif secara fisik telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan degenerasi makula awal dan lanjut, serta menurunkan tekanan darah, peradangan, dan stres oksidatif, dan yang terpenting tingkat yang lebih rendah dari hampir setiap penyakit kronis.

Latihan aerobik memiliki pengaruh langsung pada fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, otak yang sehat dapat membantu Anda melihat dan mengamati dengan lebih baik.”

5. Kompres Dingin

Sebagai bagian dari daftar periksa kesehatan dan perawatan mata, kompres dingin adalah solusi alami yang sangat baik untuk memastikan mata Anda terasa dan terlihat segar setiap hari. Ini sangat berguna di musim dingin ketika kualitas udara buruk. Menggunakan masker terkompresi yang disimpan di dalam kulkas mengurangi kelelahan dan juga membantu dalam pengobatan mata kering, sakit kepala, dan insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata makanan gaya hidup tips gaya hidup
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top