Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rangkaian Prosesi Siraman Kaesang Pangarep, Mulai dari Sungkem Hingga Digendong Jokowi

Dari pemasangan bleketepe hingga siraman, berikut prosesi jelang pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  13:32 WIB
Rangkaian Prosesi Siraman Kaesang Pangarep, Mulai dari Sungkem Hingga Digendong Jokowi
Jokowi gendong Kaesang secara simbolis - solopos
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Prosesi jelang pernikahan Kaesang dan Erina berlangsung hari ini, Jumat (9/12/2022). Keduanya melakukan proses siraman di lokasi berbeda.

Erina melangsungkan siraman di kediamannya di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu, Kaesang siraman di rumahnya di kawasan Sumber, Solo, Jawa Tengah.

Sebelum melakukan proses siraman, Presiden Joko Widodo beserta Iriana melakukan pemasangan upacara Bleketepe sekitar pukul 08.00 WIB.

Pemasangan bleketepe di kediaman keluarga calon mempelai menjadi simbol dari penyucian lokasi. Selain itu, bleketepe ini juga memiliki makna untuk tolak bala.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Kaesang bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya, di mana setelahnya beralih ke prosesi upacara siraman. Sesuai adat, Kaesang diguyur beberapa kali dengan air tanah yang diambil dari tujuh sumber.

Ketujuh sumber air yang dipakai untuk siraman antara lain dari Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho, Masjid Agung Kasunanan Surakarta, Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, Umbul Pengging di Boyolali

Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah menteri turut memberikan siraman dan doa restu, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersama istri.

Selanjutnya ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta istri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama suami; Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bersama istri.

Lalu, dari keluarga ada Idong Setyo Husodo bersama atas nama istri; Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda; Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Kahiyang Ayu; dan Jokowi serta istri.

Acara pun dilanjutkan dengan memotong rambut Kaesang, setelahnya dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Melalui Instagram resmi, Joko Widodo juga menyampaikan ungkapan rasa syukur bahwa prosesi sungkeman dan siraman berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya dapat berjalan dengan baik. Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina ini mengganggu kenyamanan masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, istri Mensesneg Pratikno juga tampak turut hadir dalam prosesi jelang pernikahan Erina.

Dengan agenda yang dijadwalkan hari ini adalah upacara majangtarup berupa pemasangan bleketepe, upacara cethik geni adhang sepisanan, hingga prosesi siraman di kediaman keluarga Gudono.

Prosesi siraman Erina diikuti oleh Permaisuri Sri Sultan Hamengkubu Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, bersama istri Wakil Gubernur DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu, Adipati Paku Alam X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaesang pernikahan prosesi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top