Kaesang dan Erina di Pendhopo Ageng yang berada di Puro Mangkunegaran, 10 Desember 2022./Instagram erinagudono
Entertainment

10 Fakta Pernikahan Kaesang dan Erina

Ileny Rizky
Minggu, 11 Desember 2022 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono memancing antusiasme masyarakat Indonesia. Pasalnya, pernikahan putra presiden ini memiliki konsep yang unik dan tidak biasa.

Pernikahan Kaesang - Erina mengusung tinggi kebudayaan Indonesia. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah resmi menjadi suami istri setelah melangsungkan ijab kabul di Pendopo Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). 

Ini 10 fakta pernikahan Kaesang dan Erina:

1. Tamu dilarang kenakan batik motif parang lereng

Gibran Rakabuming Raka menyebutkan ada larangan agar tamu tidak mengenakan batik bermotif Parang Lereng.

Gibran mengatakan bahwa intruksi untuk tamu yang hadir di Puro Mangkunegaran agar tidak memakai batik motif Parang Lereng ini berdasarkan ketentuan dari Puro Mangkunegaran.

"Memang sudah lama diatur dalam adat Mangkunegaran. itu aturan langsung dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegoro X. Batik parang hanya boleh dikenakan oleh keluarga keraton," kata Gibran.

2. Tamu undangan dilarang membawa kendaraan pribadi

Tamu undangan tasyakuran Kaesang- Erina tidak diperkenankan untuk membawa kendaraan pribadi. Ini merupakan upaya untuk mengurangi risiko kemacetan.

Nantinya para tamu akan dijemput menggunakan shuttle bus. Tak hanya itu, penarik becak juga disiapkan untuk mengangkut tamu undangan terutama yang tidak menggunakan shuttle bus dan tidak menginap di hotel. 

3. Terdapat agenda pembagian 16.000 makanan gratis

Belasan ribu paket makanan dan suvenir gratis yang akan dibagikan kepada masyarakat saat acara kirab nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan tersedia di dua lokasi area car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (11/12/2022) pagi.

Dua lokasi tersebut adalah di pojokan Taman Sriwedari atau dekat dengan tulisan I Love Solo dan Ngarsapura. Erick Thohir, menjelaskan bahwa total terdapat 16.000 paket makanan gratis yang disediakan di dua lokasi tersebut.

4. Sajikan menu makanan kerajaan

Tamu yang menghadiri acara pernikahan ini akan disuguhkan dengan hidangan dengan konsep klasik seperti zaman raja-raja.

Menu makanan tradisional ini akan disajikan secara modern oleh juru masak di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Tamu akan menicicipi hidangan pada era Sri Sultan Hamengku Buwono II - VII.

5. Mahar Rp300.000, logam mulia 64 karat dan alat salat

Kaesang memberikan mahar Erina dengan seperangkat alat salat, uang Rp300.000, serta logam mulia seberat 64 gram. 

Menariknya logam itu ditata secara berurutan dalam bingkai kaca. Ini dilakukan sebagai pelambang tanggal pernikahan mereka yang dilaksanakan pada Sabtu (10/12/2022).

Adapun logam pertama yaitu emas batangan 10 gram. Kemudian disebelahnya emas batangan 12 gram, lalu emas batangan 20 gram, dan terakhir emas batangan 22 gram.

6. Dilarang memberi amplop 

Gibran mengatakan bahwa dalam acara pernikahan adiknya itu, para tamu undangan yang hadir dilarang untuk membawa amplop atau memberika sumbangan uang. 

"Iya memang tidak menerima amplop. Zamanku dulu kan nggak menerima sumbangan. Nggak ada sumbangan ya. Jadi nggak usah bawa sumbangan," kata Gibran.

7. Libatkan para petinggi negara

Pernikahan putra presiden ini melibatkan beberapa petinggi negara. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terlibat langsung di dalam pernikahan Kaesang. Bahkan Erick Thohir berperan sebagai panitia pernikahan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan terlibat untuk memantau kesiapan acara pernikahan.

Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono terlibat sebagai saksi nikah dari Kaesang, sedangkan Mensesneg Pratikno menjadi saksi pernikahan. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga ikut andil dalam memantau kesiapan lokasi akad nikah.

8. Menggelar tasyakuran pernikahan di Puro Mangkunegaran

Setelah selesai prosesi ngunduh mantu, pengantin akan dikirab menggunakan kereta kencana menuju Puro Mangkunegaran.

Acara tasyakuran putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bakal digelar di Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran. 

Di belakang pendapa, terdapat ruang terbuka seluas sekitar 1.000 meter persegi. Ruang tersebut bernama Pringgitan atau kawasan singgasana raja yang sangat disakralkan.

Pringgitan menghubungan dengan Dalem Ageng yang menjadi kediaman keluarga Mangkunegaran.

9. Tamu wajib membawa kartu undangan dengan barcode saat tasyakuran

Tasyakuran akan digelar pada Minggu (11/12/2022), para tamu diimbau untuk membawa kartu undangan. 

Tamu undangan acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono wajib membawa barcode agar bisa masuk ke Pura Mangkunegaran. Sebab, Petugas akan memeriksa barcode ke setiap tamu undangan di pintu masuk lokasi tasyakuran pernikahan.

10. Pernikahan dikemas sebagai festival budaya

Kegiatan pernikahan Kaesang-Erina pada Minggu (11/12/2022) dikemas sebagai Festival Budaya di Solo.

Berbagai masyarakat akan terlibat di dalam acara ini. Ketua panitia pernikahan, Erick Thohir, mengatakan bahwa penarik becak dan andong ini akan diikutsertakan dalam rangkaian acara yang akan dilaksanakan di sekitar Loji Gandrung dan Puro Mangkunegaran.

Kemudian di sepanjang rute kirab akan tersedia sembilan panggung hiburan yang akan memeriahkan pernikahan Kaesang-Erina. Lokasi panggung hiburan diantaranya berada di Loji Gandrung, Plaza Sriwedari dan di depan Museum Danar Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro