Ilustrasi liburan di hari ibu
Relationship

Inspirasi Merayakan Momen Hari Ibu yang Seru

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 Desember 2022 - 11:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merayakan peringatan hari Ibu 22 Desember kali ini mungkin Anda kehabisan ide yang bisa dihabiskan bersama sang ibunda tercinta.

Padahal, banyak cara untuk menikmati kebersamaan bersama ibu Anda di momen spesial ini, salah satunya dengan traveling.

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa traveling berdua dengan ibu bisa membuat umur lebih panjang. Hal ini karena traveling membantu mempererat ikatan atau hubungan ibu dan anak.

Ikatan yang semakin erat ini secara tidak langsung meningkatkan kualitas kesehatan, seperti meredakan stres, meningkatkan imunitas dan suasana hati, sampai menurunkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, Pegipegi merekomendasikan tujuh aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama ibu seperti berikut ini:

1. Staycation, Makan Malam, hingga Spa di Hotel

Staycation di hotel terbaik yang terjangkau dari tempat tinggal merupakan pilihan praktis, tapi tetap bisa mengasyikkan. Anda bisa bercengkerama dengan ibu sambil melihat tayangan televisi atau streaming film di kamar. Tak ada salahnya dilanjutkan dengan memanjakan diri di layanan spa pada sore hari, dan makan malam di restoran hotel. Pegipegi memiliki fitur Filter yang memungkinkan Anda menyeleksi hotel yang menyediakan layanan spa dan restoran. 

2. Jalan-jalan dan Piknik di Taman atau Hutan Kota

Sosok ibu biasanya sangat menyukai hal-hal seputar tanaman, berkebun, dan aktivitas sejenis lainnya. Ajak ibu Anda bepergian ke taman atau hutan kota untuk piknik sambil berbincang-bincang akrab dengannya. Sejumlah destinasi favorit memiliki taman atau hutan kota yang mengesankan. Misalnya, di Jakarta, Anda bisa berkunjung ke Hutan Kota GBK, Tebet Eco Park, dan Urban Forest Cipete. Di Jogja, ada Hutan Pinus Mangunan, Taman Nasional Kalibiru, dan Pinus Pengger. Sedangkan di Bogor dan sekitarnya ada Kebun Raya Bogor dan Ecopark Art Sentul.

3. Menikmati Sunset di Pinggir Pantai

Sebagai sebuah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia begitu kaya dengan destinasi pantai-pantainya yang cantik. Betapa romantisnya jika Anda dan ibu duduk beralaskan tikar di atas hamparan pasir putih sambil melihat pemandangan senja diiringi suara deburan ombak. Jangan lupa siapkan makanan kesukaan Anda dan ibu tersayang agar momen keakrabannya semakin terasa. Beberapa rekomendasi pantai cantik di Indonesia yang dapat dikunjungi bersama ibu, yaitu Pantai Pulau Merah, Pantai Ora, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Pasir Putih, Gili Trawangan, Pantai Nusa Dua, hingga Pantai Jimbaran.

4. Melihat Warisan Sejarah dan Budaya 

Indonesia tak hanya kaya dari segi alamnya, melainkan juga warisan budaya dan sejarahnya. Mengajak ibu melihat warisan sejarah dan budaya Indonesia yang sangat beragam menjadi salah satu ide liburan yang menarik. Ada berbagai museum, situs sejarah dan budaya hingga desa adat yang bisa dikunjungi bersama ibu. Misalnya, Candi Prambanan dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta, Desa Penglipuran dan Istana Tirta Gangga di Bali, hingga Museum Tekstil dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta.

5. Ikut Workshop Kerajinan hingga Produk Kecantikan

Menghabiskan waktu bersama ibu dengan mengikuti workshop atau kelas kerajinan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Berbagai daerah di Indonesia memiliki banyak galeri kerajinan yang menyediakan workshop bagi para pengunjung. Mulai dari kelas membatik, melukis, hingga membuat kerajinan tanah liat. Selain mempelajari dan mengasah keterampilan dalam seni, mengikuti sesi workshop kerajinan juga bisa Anda manfaatkan untuk bersenda-gurau bersama ibu. 

Di Jakarta, Anda bisa mengajak ibu pergi ke Museum Seni Rupa dan Keramik, Galleri Kollekan, dan Hoxton & Tate untuk mencoba workshop kerajinan keramik. Di Yogyakarta, Anda bisa mampir ke Museum Batik Yogyakarta untuk mencoba kelas membatik. Jika sedang liburan ke Bali, ajaklah ibu ke RÜSTERS Pottery Studio untuk ikut workshop kerajinan tanah liat, SUNSRI House of Jewelry yang membuka kelas membuat perhiasan, atau ke Bali Nature Herbal Walks untuk mengikuti workshop membuat body scrubs; body oil; dan body mask.

6. Berburu Kuliner Khas dan Lezat

Ibu Anda pasti sangat menyukai aktivitas ini. Mencicipi sajian kuliner khas daerah tentunya menambah seru momen liburan Anda bersama ibu –yang notabene sering memasak dan menyajikan makanan lezat untuk keluarga–. Jika sedang liburan ke daerah tertentu, pastikan Anda mengajak ibu mencicipi kuliner khas di sana. Misalnya, saat sedang ke Bali, berkunjunglah ke Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Rumah Makan Taliwang Bersaudara, Warung Udang Mang Engking Kuta, dan Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Bagi Anda yang tinggal atau akan ke Malang, tempat kuliner khas yang bisa dicoba seperti Rumah Makan Hok Lay, Sego Goreng Resek, Rawon Nguling, dan Warung Lama H. Ridwan.

7. Berbelanja di Pasar atau Mal

Indonesia memiliki banyak tempat wisata belanja berupa pasar dan mal. Berbelanja menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terutama bagi sang ibu. Bahkan, sebagian orang sengaja traveling ke daerah tertentu untuk wisata belanja –berburu produk tekstil, aksesori, produk kecantikan, barang antik, hingga barang elektronik–. Di Jakarta, tempat wisata belanja cukup banyak, seperti di Pasar Baru, Kota Kasablanka, Grand Indonesia, dan Senayan City. Di Bandung, ada Pasar Cibaduyut, Pasar Lembang, dan Paris Van Java. Di Jogja, terdapat Pasar Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Pasar Seni Gabusan. Sedangkan di Surabaya, Anda dan ibu bisa berkunjung ke Pasar Atom, Pasar Turi, Tunjungan Plaza, dan Ciputra World. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro