Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Health

Tidur 8 Jam Sehari Saja Tidak Cukup Bikin Badan Sehat, Kenapa?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 Desember 2022 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang mengira jika tidur malam selama 7 hingga 8 jam sudah cukup untuk kesehatan tubuh.

Tapi, nyatanya, waktu tidur cukup juga tidak akan berdampak signifikan jika tidak diimbangi dengan pengaturan waktu yang benar.

Semisal, Anda cukup waktu tidur selama 7-8 jam, tapi jam tidur Anda dimulai pada pukul 02.00 dinihari.

Mereka memang mendapatkan 8 jam tidur yang dibutuhkan, namun, sebenarnya itu menjadi kurang sehat karena mereka tidur larut.

Neha Ranglani, Ahli Gizi dari India, menjelaskan mengapa tidur yang cukup pada waktu yang salah tetap saja tidak baik untuk kesehatan.

“Kebanyakan orang tidur larut malam dan bangun siang, mengira mereka sudah tidur 7-8 jam supaya sehat. Tapi sebenarnya bukan begitu cara kerja tubuh kita,” ujarnya.

Dia memaparkan, tubuh manusia membutuhkan tidur pada waktu yang tepat karena ketika Anda tidur lebih awal dan bangun lebih awal, Anda melakukan detoksifikasi dan perbaikan yang dibutuhkan tubuh.

Karena itu, katanya, penting untuk tidur dan bangun sesuai dengan matahari terbenam dan matahari terbit karena 'jam biologis' tubuh Anda, yang mengatur kerja detoksifikasi dan perbaikan, disinkronkan dengan pola siang hari di tempat Anda tinggal.

Menurut ilmu kedokteran tradisional China, hati Anda berada pada tahap detoksifikasi puncaknya antara jam 1 pagi dan 3 pagi. Jadi, Anda harus tidur tengah malam agar hati Anda dapat menjalankan fungsi pembersihannya.

Demikian pula, paru-paru Anda paling aktif melakukan detoksifikasi antara jam 3 dan 5 pagi. Paru-paru yang sehat sangat penting untuk melindungi tubuh Anda dari racun seperti alergen, polutan, dan asap. Jadi, Anda harus tidur nyenyak pada jam 3 pagi setiap malam.

"Ketika Anda tidur larut malam, banyak organ Anda kehilangan kesempatan untuk detoksifikasi dan perbaikan, karena setiap organ memiliki waktunya sendiri untuk melakukan pembersihan di malam hari, ketika kita sedang tidur," lanjut ahli nutrisi tersebut

Jadi ketika Anda tidur jam 3, Anda kehilangan banyak pemulihan yang bisa dilakukan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro